Perbedaan hasil belajar kelistrikan siswa kelas XI tenik kendaraan ringan menggunakan metode latihan dan inkuiri terbimbing di SMK Islam 1 Blitar / Sigit Tri Cahyono

Cahyono, Sigit Tri (2018) Perbedaan hasil belajar kelistrikan siswa kelas XI tenik kendaraan ringan menggunakan metode latihan dan inkuiri terbimbing di SMK Islam 1 Blitar / Sigit Tri Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyono Sigit Tri. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Kelistrikan Siswa Kelas XI Tehnik Kendaraan Ringan Menggunakan Metode Latihan dan Inkuiri Terbimbing di SMK Islam 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (II) Drs. H. Sumarli M.Pd M.T Kata Kunci hasil belajar metode latihan metode inkuiri terbimbing teknik kendaraan ringan dunia kerja SMK Metode yang digunakan dalam pendidikan SMK sangat berpengaruh pada output yang dihasilkan dari suatu pendidikan hasil tersebut akan berakibat pada kualitas lulusan pada dunia kerja. Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran dengan latihan dan inkuiri terbimbing memiliki perbedaan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Islam 1 Blitar. Khususnya pada mata pelajaran kelisrikan maka penelitian ini dilakukan tujuannya adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Post Test Only Control Design.Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 1 Blitar.sampel menggunakan tehnik Cluster Random Sampling sebanyak dua kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 3 dan XI Teknik Kendaraan Ringan 6. Untukpengambilan data instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan teknik analisisnya menggunakan independent t-test dengan IBM SPSS versi2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode latihan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelistrikan. Rata ratanya adalah71 20 nilai ini lebih besar dari pada inkuiri terbimbing yaitu 61 04. Berdasarkan hasil penelitian ini untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan metode pembelajaran perlu dilakukan evaluasi yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43599

Actions (login required)

View Item View Item