Pengaruh perubahan diameter venturi karburator pada Honda GL 160 cc terhadap daya, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang / Aditya Bagus Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perubahan diameter venturi karburator pada Honda GL 160 cc terhadap daya, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang / Aditya Bagus Wicaksono

Wicaksono, Aditya Bagus (2018) Pengaruh perubahan diameter venturi karburator pada Honda GL 160 cc terhadap daya, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang / Aditya Bagus Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Aditya Bagus 2018. Pengaruh Perubahan Diameter Venturi Karburator pada Honda GL 160 cc terhadap Daya Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang.Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumarli M.Pd MT (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E M.Pd M.M Kata Kunci diameter venturikarburator daya konsumsi bahan bakar emisi gas buang Banyak asumsi yang beredar di masyarakatmenyebutkanbahwadenganmemodifikasiukuran diameter venturi karburatordapatmenaikandayamesin konsumsibahanbakarlebihekonomis dan emisi gas buanglebihrendah akantetapiasumsitersebuttidakdidasaridengan data tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikansecaratertulistentang pengaruh ukuran diameter venturi karburatorterhadap daya mesin konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda GL 160 cc.Ukuranstandar diameter venturi karburatorsepeda motor tersebutadalah 26 mm. Penelitianinidilaksanakandengancaramemperbesar dan memperkecil diameter venturi karburatorsebesar 2 mm sehinggaakandidapatkan 3 variasiukuran diameter yaitu 24 26 dan 28 mm. Adapunalat yang digunakanuntukmengukurdayamesin dan konsumsibahanbakardenganmenggunakandynotest dan gelasukur sedangkanuntukmengukuremisi gas buangdenganmenggunakan gas analyser. Berdasarkan hasil analisis data penelitian perubahan diameter venturi memiliki hasil yang berbeda pada setiap variasidariukuran diameter tersebut.Hasil penelitiandayamesin paling besardihasilkanoleh venturi 28 mm dengannilai13 589 Hp pada putaranmesintinggi.Sedangkanhasilpenilitiankonsumsi bahan bakarmemberikancatatan waktu paling lamauntuk menghabiskan bahan bakar sebanyak 30 ml oleh diameter venturi 28 mm dengan waktu 57 6 detikpada putaran mesin rendah dan 18 2 detik pada putaran mesin tinggi.Selanjutnyahasilpenelitianemisi gas buang jenis (CO)dan (HC) paling besardihasilkan oleh venturi 24 mm dengan jumlah 2 75 % dan 156 ppm pada putaran mesin tinggi.Dengandemikianmodifikasi venturi karburatorinimemberikankeuntunganterhadappeningkatandayamesin konsumsibahanbakar yang lebihekonomis sertaemisi gas buang yang lebihrendah yang diperolehdaripenggunaankarburatordengan venturi 28 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43598

Actions (login required)

View Item View Item