Hubungan persepsi siswa tentang kondisi sarana prasarana bengkel otomotif dan lokus kendali siswa dengan hasil belajar sistem transmisi siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Kota Kediri /Buyung Try Nasution

Nasution, Buyung Try (2018) Hubungan persepsi siswa tentang kondisi sarana prasarana bengkel otomotif dan lokus kendali siswa dengan hasil belajar sistem transmisi siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Kota Kediri /Buyung Try Nasution. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nasution, Buyung. 2018. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kondisi Sarana Prasarana Bengkel Otomotif dan Lokus Kendali Siswa dengan Hasil Belajar Sistem Transmisi Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Kota Kediri. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, SE, M. MP.d, MM. (II) Drs. Partono, M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Sarana dan Prasara, Lokus Kendali, Hasil Belajar Belajar adalah suatu proses yang melibatkan manusia secara orang perorang sebagai suatu kesatuan organisme sehingga terjadi perubahan pada pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dari orang yang belajar tersebut. Salah satu tempat dimana orang belajar adalah sekolah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal bertujuan membentuk manusia yang berkepribadian, mengembangkan intelektual siswa dan juga dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu jenjang pendidikan tersebut adalah sekolah menengah kejuruan atau sering disebut dengan SMK. Untuk mencapai hasil yang baik ada beberapa faktor diantaranya yaitu persepsi siswa dan lokus kendali siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sarana prasarana dan lokus kendali dengan hasil belajar. Penelitian ini bersifat korelasional karena penelitian ini akan menunjukan ada tidaknya hubungan variabel bebas yaitu Persepsi Siswa Tentang Kondisi Sarana dan Prasarana di Bengkel Otomotif (X1), Lokus Kendali (X2), terhadap Hasil Belajar (Y) Mata Pelajaran Sistem Transmisi. Untuk itu digunakan analisis statistik inferensial yaitu regresi berganda. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data penilitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara persepsi siswa tentang kondisi sarana prasarana dan lokus kendali siswa dengan hasil belajar sistem transmisi siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Kediri. Saran untuk penelitian selanjutnya melakukan penelitian yang lebih mendalam menggunakan variabel yang dianggap sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, seperti kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, gaya berpikir, penalaran formal, gaya belajar, tingkat intelegensi, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43597

Actions (login required)

View Item View Item