Pengembangan Jobsheet Power Window dan Central Door Lock sebagai Media Pembelajaran Praktik Siswa Kelas X Paket Keahlian Ototronik di SMK Negeri 6 Malang / Devi Fatmawati

Fatmawati, Devi (2018) Pengembangan Jobsheet Power Window dan Central Door Lock sebagai Media Pembelajaran Praktik Siswa Kelas X Paket Keahlian Ototronik di SMK Negeri 6 Malang / Devi Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatmawati, Devi. 2018. Pengembangan Jobsheet Power Window dan Central Door Lock sebagai Media Pembelajaran Praktik Siswa Kelas X Paket Keahlian Ototronik di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri, S.T, M.T (II) Drs. H. Paryono, S.T, M.T Kata Kunci : media pembelajaran, job sheet, power window, central door lock Media pembelajaran berupa jobsheet memiliki manfaat membantu kegiatan praktik agar lebih efektif. Dengan adanya jobsheet guru akan lebih mudah berinteraksi dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung secara efektif. Serta bisa lebih menarik minat belajar siswa dalam melakukan kegiatan praktik secara mandiri. Tujuan dari penelitian pengembangan di SMK Negeri 6 Malang adalah (1) untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berupa jobsheet power window dan central door lock, (2) untuk mengujicoba dan mengetahui kualitas produk media pembelajaran berupa job sheet yang dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran CSIT. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model dari 4-DModels yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develope dan (4) Disseminate. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket yang validasi oleh ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan berupa angket yang diberikan kepada siswa sebagai responden. Penilaian diperoleh dua jenis data kuantitatif untuk menilai kefalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasil saran dan tanggapan dari para validator secara lisan tentang media pembelajaran yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa job sheet yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh persentase 81% yang termasuk kriteria sangat valid. Berdasarkan data dari ahli media memperoleh persentase 95% yang termasuk kriteria sangat valid. Kemudian dari hasil uji coba lapangan menunjukkan media pembelajaran berupa job sheet memiliki kualitas sangat layak dengan persentase 83%. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penggunaan produk media pembelajaran berupa job sheet pada skala yang lebih luas perlu dikembangkan lagi sebagai penunjang kegiatan belajar siswa secara mandiri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43595

Actions (login required)

View Item View Item