Persepsi Siswa Terhadap Penyiapan Tenaga Kerja Terampil di Industri Melalui Praktik Kerja Lapangan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Darwis Achmadi

Achmadi, Darwis (2018) Persepsi Siswa Terhadap Penyiapan Tenaga Kerja Terampil di Industri Melalui Praktik Kerja Lapangan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Darwis Achmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Achmadi, Darwis. 2014. Persepsi Siswa Terhadap Penyiapan Tenaga Kerja Terampil di Industri Melalui Praktik Kerja Lapangan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Yoto, S.T., M.M., M.Pd., (2) Drs. Partono, M.Pd. Kata Kunci: Praktik Kerja Lapangan, Tenaga Kerja Terampil, Persepsi Siswa. Meningkatnya jumlah penduduk harus seimbang dengan peningkatan kualitas SDM, maka diperlukan pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas SDM. SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen merupakan sekolah swasta terbaik di Kabupaten Malang yang lulusannya banyak di minati oleh industri. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan tentang persepsi siswa terhadap penyiapan tenaga kekrja terampil di industri melalui praktik kerja lapangan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan suatu keadaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, dan Teknik Permesinan tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil temuan ini disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap persiapan praktik kerja lapangan dapat dikategorikan baik (76,27%), sedangkan 23,73% responden menyatakan kurang baik dan tidak baik. Kemudian, persepsi siswa terhadap pelaksanaan praktik kerja lapangan dapat dikatagorikan baik (69,49%), sedangkan 30,5% responden menyatakan kurang baik dan tidak baik. Persepsi siswa terhadap penilaian praktik kerja lapangan dapat dikatagorikan baik (72,88%), sedangkan 25,12% responden menyatakan kurang baik dan tidak baik. Selain itu, faktor pendukung dan penghambat praktik kerja lapangan terdapat pada siswa, sekolah, dan industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43594

Actions (login required)

View Item View Item