Analisis penggunaan pegas kopling Kawasaki KLX dan Honda Tiger terhadap akselerasi dan konsumsi bahan bakar pada Yamaha Vixion / Mukhammad Mirda

Mirda, Mukhammad (2018) Analisis penggunaan pegas kopling Kawasaki KLX dan Honda Tiger terhadap akselerasi dan konsumsi bahan bakar pada Yamaha Vixion / Mukhammad Mirda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mirda Mukhammad. 2018. Analisis Penggunaan Pegas Kopling Kawasaki KLX dan Honda Tiger Terhadap Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar pada Yamaha Vixion. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Paryono S.T M.T. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd M.T. Kata Kunci pegas kopling akselerasi konsumsi bahan bakar Perkembangan industri otomotif sangatlah pesat dengan disertai jumlah kendaraan bermotor yang meningkat. Selain memodifikasi mesin modifikasi sepeda motor yang lain juga dapat dilakukan dari system pemindah tenaga dengan tujuan agar menghasilkan performa sepeda motor yang optimal. Salah satunya dengan mengganti pegas kopling. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh akselerasi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha Vixion yang menggunakan pegas kopling Kawasaki KLK pegas kopling Honda Tiger dan pegas kopling standart Yamaha Vixion. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen. Dimana variabel bebasnya adalah variasi kekuatan pegas kopling yaitu pegas kopling Kawasaki KLX pegas kopling Honda Tiger dan pegas kopling standart Yamaha Vixion. Sedangkan variabel terikatnya adalah akselerasi dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Data yang diambil untuk menguji akselerasi sepeda motor dimulai dari 30 km/jam hingga 130 km/jam dengan kenaikkan kecepatan 10 km/jam. Kemudian untuk menguji konsumsi bahan bakar dilakukan setiap 1 km dari 10 km. Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan metode one way anova yang dibantu oleh SPSS 22 untuk windows. Berdasarkan data pengujian akselerasi terbaik terdapat pada pegas kopling Kawasaki KLX dengan akselerasi maksimum 9.970 s dan minimum 1.780 s. Peningkatan konsumsi bahan bakar terbaik terdapat pada pegas kopling Kawasaki KLX dengan konsumsi bahan bakar maksimum 206.20 ml dan minimum 19.80 ml. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan akselerasi dan konsumsi bahan bakar yang signifikan pada sepeda motor Yamaha Vixion yang menggunakan pegas kopling Kawasaki KLK pegas kopling Honda Tiger dan pegas kopling standart Yamaha Vixion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43590

Actions (login required)

View Item View Item