Jannah, Siti Roudlotul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE Terintegrasi Flipped Classroom dan Gender terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Singosari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan argumentasi ilmiah berguna bagi siswa untuk membangun pemahaman dan pengetahuan dalam menggunakan informasi yang relevan, memperkuat pemahaman konsep, serta meningkatkan pengetahuan ilmiah siswa. Uji pendahuluan yang dilakukan kepada siswa kelas XI SMAN 1 Singosari menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan argumentasi siswa sebesar 10.12%. Respon siswa menunjukkan berbagai tingkat keterampilan argumentasi (level 1 sampai level 3) yang masih perlu ditingkatkan. Siswa belum mampu mencapai pada indikator memberikan alasan yang logis dalam berargumen (warrant), dan memberikan bukti sangat mendukung alasan (backing). Hasil belajar kognitif merupakan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami aktivitas belajar. Siswa laki-laki memberikan kecenderungan tanggapan yang lebih lambat karena mereka kurang mempelajari materi sebelum kelas dimulai. Solusi model pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan flipped classroom yaitu RICOSRE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (RICOSRE terintegrasi Flipped Classroom, RICOSRE, pembelajaran konvensional) dan gender terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Singosari, sampel dari penelitian terdiri dari kelas XI IPA A (RICOSRE terintegrasi Flipped Classroom), XI IPA C (RICOSRE), dan XI IPA D (Konvensional). Instrument yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, lembar soal keterampilan argumentasi ilmiah, dan lembar soal hasil belajar kognitif siswa. Analisis penelitian menggunakan analisis kovarian (Ancova) dan uji lanjut menggunakan uji Least Significant Different (LSD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Macam model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif. Siswa yang difasilitasi dengan model pembelajaran RICOSRE terintegrasi Flipped Classroom memiliki peningkatan yang paling tinggi. 2) Gender berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Siswa perempuan mengalami peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki. 3) Interaksi macam model pembelajaran dan gender berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem gerak dan sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:49 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:49 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4359 |
Actions (login required)
View Item |