Pengaruh penggunaan magnet neodymium pada intake manifold terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor / Ekky Hardiansyah

Hardiansyah, Ekky (2018) Pengaruh penggunaan magnet neodymium pada intake manifold terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor / Ekky Hardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Hardiansyah Ekky. 2018. Pengaruh Penggunaan Magnet Pada Intake Manifold Terhadap Emisi Gas Buang Dan Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Paryono S.T M.T. (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E M.Pd. MM. Kata Kunci Magnet Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar Kebutuhan bahan bakar yang semakin meningkat mengakibatkan tingginya emisi gas buang kendaraan hal ini merupakan masalah serius yang dihadapi pemerintah. Dengan demikian diperlukan cara untuk mengurangi tingginya kadar emisi dengan memberikan perlakuan pada bahan bakar di intake manifold. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan magnet neodymium pada intake manifold terhadap kadar emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor. Penyaluran BBM melalui medan magnet terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar akan merenggangkan ikatan C dan H dalam BBM sehingga memberikan kekuatan C dan H dan lebih mudah untuk mengikat O2. Pengambilan data menggunakan alat uji techno test gas analyzer untuk mengukur emisi gas buang. Data yang diteliti adalah emisi gas buang CO dan HC serta konsumsi bahan bakar Honda Blade 110 CC Tahun 2009 pada intake manifold yang diberi magnet neodymium. Data yang diperoleh adalah presentase penurunan kadar emisi gas buang CO dan HC dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan magnet neodymium menurunkan kadar emisi gas buang karbon monoksida (CO) sebesar 9 94 % dan menurunkan kadar emisi gas buang Hidro Carbon (HC) sebesar 11 66 %. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar penggunaan magnet neodymium menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 25 09 %. Penggunaan magnet neodymium pada intake manifold dapat dijadikan alternatif bagi pemilik kendaraan bermotor untuk mengurangi kadar emisi gas buang dan dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43589

Actions (login required)

View Item View Item