Pengaruh penggunaan spark plug iridium dan spark plug platinum dengan variasi bahan bakar terhadap top speed dan daya pada sepeda motor Honda Vario 150 ESP / Taufik Amrulloh

Amrulloh, Taufik (2018) Pengaruh penggunaan spark plug iridium dan spark plug platinum dengan variasi bahan bakar terhadap top speed dan daya pada sepeda motor Honda Vario 150 ESP / Taufik Amrulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amrulloh, Taufik. 2018. Pengaruh Penggunaan Spark Plug Iridium Dan Spark Plug Platinum Dengan Variasi Bahan Bakar Terhadap Top Speed Dan Daya Pada Sepeda Motor Honda Vario 150 ESP. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pebimbing: (I) Drs H. Paryono, S.T., M.T., (II) Windra Irdianto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Busi Iridium, Busi Platinum, Pertamax, Pertalite, Daya, Top Speed Perkembangan teknologi motor matik semakin meningkat, salah satunya motor matik dengan teknologi Electrotronic Fuel Injection (EFI) mampu menghasilkan top speed dan daya maksimal. Top speed dan daya yang maksimal dapat ditingkatkan dengan menggunakan busi dan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi kendaraan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan busi iridium dan busi platinum dengan variasi bahan bakar terhadap top speed pada sepeda motor Honda Vario 150 ESP, (2) pengaruh penggunaan busi iridium dan busi platinum dengan variasi bahan bakar terhadap daya pada sepeda motor Honda Vario 150 ESP Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dan merupakan jenis penelitian kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Honda Vario 150 ESP. Variabel bebas penelitian ini adalah jenis busi dan jenis bahan bakar dan variabel terikat adalah top speed dan daya. Pengambilan data dilakukan sebanyak 5 kali untuk menghasilkan data yang valid, kemudian diolah dan di rata-rata. Analisis statistik data penelitian ini menggunakan uji one way ANOVA dan post hoc. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata top speed dan daya yang dihasilkan berbeda. Busi iridium dengan bahan bakar pertalite menghasilkan top speed 116.53 Km/jam dan daya 9.14 Hp. Penggunaan busi iridium dengan bahan pertamax menghasilkan top speed sebesar 117.51 Km/jam dan daya 9.82 Hp. Penggunaan busi platinum dengan bahan bakar pertalite menghasilkan top speed sebesar 115.47 Km/jam dan daya 8.56 Hp. Penggunaan busi platinum dengan bahan bakar pertamax menghasilkan top speed sebesar 116.66 Km/jam dan daya 9.21 Hp. Dari pengujian analisis terdapat perbedaan top speed dan daya dari masing-masing penggunaan busi dan bahan bakar, dimana penggunaan busi iridium dengan bahan pertamax menghasilkan daya dan top speed tertinggi. Top speed dan daya yang maksimal tidak hanya dihasilkan dengan mengubah busi dan memakai bahan bakar yang sesuai kendaraan saja, tetapi juga perlu modifikasi di bagian mesin dan sistem penggerak kendaraan matik tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43587

Actions (login required)

View Item View Item