Hubungan antara persepsi siswa tentang sarana dan prasarana ruang praktik otomotif dengan hasil belajar mata diklat Pekerjaan dasar teknik Otomotif siswa kelas X TSM SMKN 9 Malang / Rizky Yudha Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi siswa tentang sarana dan prasarana ruang praktik otomotif dengan hasil belajar mata diklat Pekerjaan dasar teknik Otomotif siswa kelas X TSM SMKN 9 Malang / Rizky Yudha Prayoga

Prayoga, Rizki Yudha (2018) Hubungan antara persepsi siswa tentang sarana dan prasarana ruang praktik otomotif dengan hasil belajar mata diklat Pekerjaan dasar teknik Otomotif siswa kelas X TSM SMKN 9 Malang / Rizky Yudha Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Prayoga Rizky Yudha. 2018. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Sarana Dan Prasarana Ruang Praktik Otomotif Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TSM SMKN 9 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci Persepsi Sarana dan Prasarana Ruang Praktik Otomotif Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Faktor yang berpengaruh terhadap kompetensi para siswa SMK salah-satunya yaitu penyediaan sarana dan prasarana di sekolah. Pentingnya pengadaan sarana dan prasarana yang sesuai standar menjadi salah satu kunci kesuksesan sekolah untuk menunjang proses pendidikan agar berjalan efektif dan efisien. Tujuan pelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang sarana dan prasarana ruang praktik otomotif dengan hasil belajar mata diklat PDTO. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi kuantitatif yakni mendeskripsikan mengenai hubungan antara persepsi siswa tentang sarana dan prasarana sebagai variabel bebas (X) dengan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi untuk penelitian ini sebanyak 88 siswa dari 3 kelas X TSM Honda X TSM 1 dan X TSM 2 di SMK Negeri 9 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistik deskriptif sedangkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product momen pearson dengan program SPSS 22 Statistics. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan kelas X TSM 1 dan 2 sebagai kelas yang diteliti sebanyak 19 siswa memiliki kategori kurang 32 siswa memiliki kategori cukup dan sebanyak 10 siswa memiliki kategori baik sisanya 2 siswa memiliki kategori sangat baik. Hasil belajar siswa kelas X TSM 1 dan 2 sebanyak 21 siswa memiliki kategori kurang 24 siswa memiliki kategori hasil belajar cukup dan 13 siswa memiliki kategori baik sisanya sebanyak 5 siswa memiliki kategori sangat baik dari KKM. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang sarana dan prasarana ruang praktik otomotif dengan hasil belajar mata diklat PDTO. Bedasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah variabel penelitian seperti minat motivasi kesiapan kerja. Penambahan populasi juga sangat disarankan agar hasil penelitian dapat bermanfaat untuk kalangan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43586

Actions (login required)

View Item View Item