Pengaruh penggunaan media berbasis audio visual terhadap peningkatan aktivitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa Program Keahlian Otomotif SMK di Kabupaten Malang / Fahmi Syam Aditya

Aditya, Fahmi Syam (2018) Pengaruh penggunaan media berbasis audio visual terhadap peningkatan aktivitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa Program Keahlian Otomotif SMK di Kabupaten Malang / Fahmi Syam Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aditya Fahmi. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Audio visual Terhadap Peningkatan Aktivitas Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Otomotif SMK di Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Amat Nyoto M.Pd (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci Media Audio visual Action camera Hasil Belajar Aktivitas Proses Pembelajaran Perkembangan yang sangat pesat terjadi di semua bidang termasuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan teknologi informasi tersebut sudah merambah di dunia pendidikan. Penerapan TIK di dunia pendidikan akan membantu dalam proses belajar mengajar (PBM). Penerapan tersebut berupa penggunaan media-media interaktif dan komunikatif berbasis audio visual berupa action camera untuk menunjang aktifitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini akan menunjukkan ada tidaknya pengaruh variabel bebas yaitu Media Audio visual (X) dan variabel terikat yaitu Hasil Belajar (Y1) dan Aktivitas Proses Pembelajaran (Y2). Desain eksperimen semu yang digunakan adalah tipe pre test-post test control group design yang melibatkan dua kelompok subjek satu diberi perlakuan eksperimental (kelas eksperimen) dan yang lain tidak diberi apa-apa (kelas kontrol). Penelitian ini dilaksanakan di 3 SMK swasta di Kabupaten Malang yaitu SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan SMK Kosgoro 1 Lawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media audio visual terhadap hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 35 95% di SMK Kosgoro 1 Lawang 23 05% di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan 20 64% di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Sedangkan aktivitas proses pembelajaran mendapatkan hasil 57 85% di SMK Kosgoro 1 Lawang 74 58% di SMK Muhammadiyah 3 Singosari dan 79 03% di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas proses pembelajaran yang signifikan antara penerapan media audio visual pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Saran untuk penelitian selanjutnya melakukan penelitian yang lebih mendalam menggunakan variabel yang dianggap sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa seperti kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan spiritual gaya berpikir penalaran formal gaya belajar tingkat intelegensi lokus kendali dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43583

Actions (login required)

View Item View Item