Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 2 Tulungagung / Rizaldi Ilham Zaky - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 2 Tulungagung / Rizaldi Ilham Zaky

Zaky, Rizaldi Ilham (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 2 Tulungagung / Rizaldi Ilham Zaky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zaky Rizaldi Ilham. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 2 Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (II) Drs. Partono M.Pd Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar. Pembelajaran di SMK bertujuan untuk menyiapkan siswa memasuki dunia kerja sehingga diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan orientasi pada dunia kerja. Akan tetapi pada kenyataannya banyak ditemui permasalahan yang mengindikasikan masih belum optimalnya pembelajaran dalam membentuk pemahaman dan keterampilan siswa yang sesuai dengan dunia kerja. Berdasarkan hal tersebut perlu digunakan model pembelajaran yang mampu membentuk kondisi belajar yang sesuai dengan kondisi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif antara kelompok siswa yang dikenakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelompok siswa yang dikenakan model Pembelajaran Konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Desain ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mungkin mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Quasi Experimental Design digunakan karena pada kenyataannya sulit mendapatkan kelompok kontrol yang digunakan untuk penelitian. Dalam penelitian ini pengaruh adanya treatment dianalisis dengan uji beda rerata menggunakan statistik t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran Konvensional. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang dikenai model Problem Based Learning (PBL) sebesar 79 43 dan rata-rata hasil belajar siswa yang dikenai model Pembelajaran Konvensional sebesar 67 86. Nilai tertinggi yang didapatkan pada kelas yang dikenai model Problem Based Learning (PBL) sebesar 95 dan yang terendah sebesar 50 sedangakan nilai tertinggi yang didapatkan pada kelas yang dikenai model Pembelajaran Konvensional sebesar 90 dan yang terendah sebesar 40. v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43582

Actions (login required)

View Item View Item