Pemenuhan standar sarana prasarana pendukung proses pembelajaran praktik tune-up di SMK se-kabupaten Tulungagung / Dadang Fransisca Kurniawan

Kurniawan, Dadang Fransisca (2018) Pemenuhan standar sarana prasarana pendukung proses pembelajaran praktik tune-up di SMK se-kabupaten Tulungagung / Dadang Fransisca Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Kurniawan, Dadang Fransisca. 2018. Pemenuhan Standar Sarana Prasarana Pendukung Proses Pembelajaran Praktik Tune-up di SMK Se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. H. Amat Nyoto, M.Pd, (II) Dr. H. Sumarli, M.Pd, M.T Kata Kunci : Sarana Prasarana, Praktik Tune-up, SMK. Lulusan SMK dapat meningkat kualitasnya dengan mengoptimalkan sarana prasarana pembelajaran di SMK untuk bekal memasuki dunia kerja. Sarana dan prasarana pendidikan dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting. Pihak sekolah diharapkan mampu mengupayakan ketersediaan sarana prasarana yang sesuai dan layak untuk pembelajaran yang lebih baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui keterpenuhan sarana prasarana sekolah dan untuk mengetahui upaya sekolah untuk memenuhi sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan penelitian metode survei. Sampel penelitian yaitu 4 SMK di Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan persentase. Perhitungan persentase dilakukan dengan skor rill dibagi skor ideal, kemudian dikalikan dengan seratus persen. Penelitian dilaksanakan tanggal 9 Februari - 19 Februari 2018. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat keterpenuhan dan kelayakan sarana prasarana di SMK Negeri 3 boyolangu adalah layak (98,2%), tingkat keterpenuhan dan kelayakan sarana prasarana di SMK Negeri 1 Bandung adalah layak (96,5%), tingkat keterpenuhan dan kelayakan sarana prasarana di SMK Veteran 1 Tulungagung adalah layak (96,5%), tingkat keterpenuhan dan kelayakan sarana prasarana di SMK Sore Tulungagung adalah layak (98,2%). Untuk melengkapi sarana prasarana yang ada, pihak sekolah berencana untuk menganggarkannya. Sehingga ini dapat disimpulkan bahwa keterpenuhan sarana prasarana sekolah sudah layak dan upaya sekolah untuk memenuhi sarana prasarana sudah baik. Disarankan untuk SMK yang diteliti untuk berupaya menjadikan sarana prasarana menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43580

Actions (login required)

View Item View Item