Pengaruh pendekatan scientific terhadap hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Muhammad Shabrian Faroby - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan scientific terhadap hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Muhammad Shabrian Faroby

Faroby, Muhammad Shabrian (2018) Pengaruh pendekatan scientific terhadap hasil belajar mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif kelas X TKR di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Muhammad Shabrian Faroby. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faroby Muhammad Shabrian. 2018. Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif Kelas X TKR Di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E M.Pd M.M. Kata Kunci pendekatan scientific hasil belajar pekerjaan dasar otomotif Pendekatan scientific merupakan pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaraan untuk mendukung penerapan kurikulum 2013. Penggunaan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. SMKN 3 Boyolangu Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 namun dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan pendekatan Expository dengan metode ceramah dan diskusi. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak memperhatikan materi pembelajaran. Oleh karena itu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif masih banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan yang menggunakan pendekatan Scientific dengan kelas yang menggunakan pendekatan Expository. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu atau quasy experiment dengan tipe Posttest Only Non-Equivalent Control Group Desaign. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan yaitu kelas X TKR 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 3 sebagai kelas kontrol di SMKN 3 Boyolangu. Instrumen tes diuji coba dan hasilnya dianalisis menggunakan uji-t melalui bantuan program SPSS 24.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Scientific dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan pendekatan Expository. Hal ini terlihat pada rata-rata nilai post test kelas eksperimen 83 13 dan kelas kontrol 75 07. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi 92 sebanyak 4 siswa dan nilai terendah 64 sebanyak 1 siswa sehingga 99% siswa sudah memenuhi (KKM) dibandingkan kelas kontrol nilai tertinggi 88 sebanyak 4 siswa dan nilai terendah 60 sebanyak 4 siswa sehingga 31% siswa sudah memenuhi (KKM). Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan Bagi Sekolah sebaiknya lebih menekankan penerapan langkah langkah pendekatan scientific dalam proses pembelajarannya Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan penelitian pendekatan scientific dengan melihat materi pada Kompetensi Dasar yang akan dilakukan penelitian dengan memperhatikan taksonomi bloom pada dimensi kognitif dan pengetahuan. Karena pendekatan scientific lebih tepat pada Kompetensi Dasar yang memuat C4 (menganalisis) C5 (mengevaluasi) dan C6 (Mencipta) atau yang sering disebut dengan High Order Thingking Skill (HOTS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43579

Actions (login required)

View Item View Item