Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Budaya Industri Sekolah Menengah Kejuruan dengan Disiplin Belajar Pada Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI 3 Malang / Andri Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Budaya Industri Sekolah Menengah Kejuruan dengan Disiplin Belajar Pada Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI 3 Malang / Andri Wicaksono

Wicaksono, Andri (2018) Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Budaya Industri Sekolah Menengah Kejuruan dengan Disiplin Belajar Pada Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI 3 Malang / Andri Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Andri. 2018. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Budaya Industri Sekolah Menengah Kejuruan dengan Disiplin Belajar Pada Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata kunci Budaya Industri SMK Disiplin Belajar. Sekolah Menengah Kejuruan menerapkan budaya industri di lingkungan sekolah. Tujuanya adalah untuk menumbuhkan budaya industri di lingkungan belajarnya Hasil penerapan pembiasaan tersebut akan meningkatkan pada lingkungan belajar yang teratur disiplin dan efektifitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang budaya industri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada kelas X jurusan teknik kendaraan ringan (TKR) di sekolah menengah kejuruan SMK PGRI 3 Malang Disiplin belajar pada kelas X jurusan TKR di sekolah menengah kejuruan SMK PGRI 3 Malang dan hubungan antara persepsi siswa tentang budaya industri SMK dengan displin belajar pada kelas X jurusan TKR di SMK PGRI 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasi. Populasinya adalah siswa kelas X jurusan TKR berjumlah 154 siswa. Kemudian diambil sampel berjumlah 38 siswa yang digunakan penelitian. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan dokumentasi nilai kedisiplinan belajar. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan korelasi dengan SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang budaya industri SMK termasuk kategori tinggi dengan rata-rata skor 69 4 untuk disiplin belajar siswa termasuk kategori tinggi dengan rata-rata nilai 78 5. Selanjutnya untuk hubungan antara persepsi siswa tentang budaya industri SMK dengan disiplin belajar siswa kelas X jurusan TKR di SMK PGRI 3 Malang pada nilai Sig. F Change adalah 0 000 dan nilai Pearson Correlation 0 653. Dari nilai tersebut diketahui bahwa hasil uji hipotesis korelasi menunjukan hubungan positif antara persepsi siswa tentang budaya industri SMK dengan disiplin belajar siswa kelas X jurusan TKR di SMK PGRI 3 Malang dengan tingkat kategori korelasi kuat. Saran dari penelitian ini agar SMK PGRI 3 Malang lebih memaksimalkan budaya industri di lingkungan belajarnya Sehingga disiplin belajar siswa akan meningkat kemudian untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian kualitatif yang memfokus pada dampak penerapan budaya industri di SMK PGRI 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43578

Actions (login required)

View Item View Item