Pengembangan media pembelajaran aplikasi ispring berbasis android pada materi anti-lock brake system pada siswa kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 1 Balikpapan / Sadam Basiran - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran aplikasi ispring berbasis android pada materi anti-lock brake system pada siswa kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 1 Balikpapan / Sadam Basiran

Basiran, Sadam (2018) Pengembangan media pembelajaran aplikasi ispring berbasis android pada materi anti-lock brake system pada siswa kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 1 Balikpapan / Sadam Basiran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Basiran Sadam. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi ISpring Berbasis Android Pada Materi Anti-Lock Brake System Pada Siswa Kelas XI Jurusan TKR SMK Negeri 1 Balikpapan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata kunci Media Pembelajaran ISpring Android Anti-Lock Brake System Media pembelajaran adalah alat bantu bagi guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang sifatnya mampu merangsang pikiran perasaan dan keterampilan. Media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di kelas ataupun di luar kelas sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Salah satu cara cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah memberikan media pembelajaran yang bersifat fleksibel dan tidak terikat oleh waktu dan tempat. Media yang dapat digunakan adalah mobile learning berbasis Android. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis Android dengan materi Anti-Lock Brake System. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran aplikasi ISpring berbasis Android pada materi Anti-Lock Brake System dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi ISpring berbasis Android pada materi Anti-Lock Brake System pada siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Balikpapan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation. Uji coba yang dilakukan bersifat kuantitatif deskriptif. Media ini diuji dengan dua tahapan tahap pertama adalah validasi ahli dan tahap kedua adalah uji kelompok kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Teknik analisis yang digunakan adalah prosentase dan One Sample t Test. Hasilnya bahwa prosentase penilaian ahli materi dan materi tentang media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan oleh peneliti adalah termasuk kategori sangat layak 93.75% untuk ahli media dan 95.00% untuk penilaian ahli materi. Untuk uji coba kelompok kecil prosentasenya adalah 92.18% ini termasuk kategori sangat layak. Sementara hasil uji One Sample t Test menunjukan Sig. (2-tailed) 0.05. Ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis android memiliki pengaruh pada keefektifan pemahaman materi ABS pada Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 1 Balikpapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43577

Actions (login required)

View Item View Item