Pengaruh modifikasi intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor Yamaha Mio / Hilly Rivdan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modifikasi intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor Yamaha Mio / Hilly Rivdan

Rivdan, Hilly (2018) Pengaruh modifikasi intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor Yamaha Mio / Hilly Rivdan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rivdan Hilly. 2018. Pengaruh modifikasi intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada motor Yamaha Mio / Hilly Rivdan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Intake Manifold Homogenitas Bahan Bakar Emisi Gas Buang Konsumsi Bahan Bakar Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di indonesia mencapai 11% setiap tahun sehinggamenyebabkan polusi udara juga semakin meningkat. Polusi udara disebabkan dari gas sisa pembakaran yang tidak terbakar sempurna pada ruang bakar.pembakaran yang sempurna diperoleh dari campuran yang homogen antara udara dan bahan bakar. Campuran bahan bakar dan udara yang homogen dapat diperoleh dengan cara mengurangi gesekan pada saluran hisap.Gesekan antara campuran bahan bakar dengan dinding saluran hisap dapat dikurangi dengan memodifikasi saluran intake manifold. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengarh dari variasi diameter intake manifold terhadap emisi gas buang HC CO dan konsumsi bahan bakar pada motor Yamaha Mio tahun 2010 sebagai objek penelitian. Teknik analisis menggunakan One Way Annova dengan bantuan software spss 22 forWindows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai emisi gas buang HC terendah adalah 3362 8 ppm pada intake manifold 23 5 mm.Hasil emisi gas buang CO terendah adalah 2 57 % pada intake manifold 23.5 mm. Sedangkan hasil konsumsi bahan bakar terendah adalah 373.6 detikpada intake manifold 23.5 mm. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan 1) Tidak terdapat pengaruh pada modifikasi intake manifold terhadap emisi gas buang HC .2) Tidak terdapat pengaruh pada modifikasi intake manifold terhadap emisi gas buang CO. 3) tidak terdapat pengaruh pada modifikasi intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43572

Actions (login required)

View Item View Item