Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom-RICOSRE dan Gender terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Singosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom-RICOSRE dan Gender terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Singosari

Handayani, Ning Rahayu (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom-RICOSRE dan Gender terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Singosari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya menjawab tantangan yang ada siswa perlu menguasai keterampilan abad ke-21 dan salah satunya kesadaran metakognitif. Hal ini penting bagi siswa untuk mampu mengolah atau mengatur kemampuan kognitifnya dalam memahami dan merespon sebuah masalah. Pembelajaran biologi memiliki potensi dalam memberdayakan kesadaran metakognitif melalui karakteristik pembelajaran yang dimiliknya. Fakta lain mengenai perbedaan gender ternyata memiliki hubungan pada tingkat kesadaran metakognitif. Keduanya juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja dan hasil belajar pada masing-masing siswa. Akan tetapi, tidak semua siswa mampu memberdayakan kesadaran metakognitif dan memperoleh hasil belajar yang baik dalam pembelajaran biologi. Hal ini dikarenakan pada pembelajaran yang ada masih belum menyadarkan siswa mengenai apa yang dilakukan dalam pembelajaran, penganggapan materi yang dirasa sulit karena banyak hafalan dan kurangnya pengembangan model pembelajaran dengan perkembangan teknologi. Model pembelajaran yang diketahui dapat meningkatkan metakognitif dan hasil belajar adalah Flipped Classroom-RICOSRE sebab memiliki sintaks warm-up activities by reading literature, Q&A time on video, identifying the problem, constructing the solution, solving the problem, reviewing the problem solution, serta extending the problem solution.Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom-RICOSRE terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa, (2) mengetahui pengaruh gender terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa, dan (3) mengetahui pegaruh interaksi model pembelajaran Flipped Classroom-RICOSRE dan gender terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa. Jenis penelitian berupa kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 1 Singosari dengan pengambilan sampel berdasarkan uji kesetaraan kelas melalui uji one-way Anova. Hasil sampel yang didapatkan terdiri XI IPA E sebagai kelas eksperimen, XI IPA F sebagai kelas kontrol positif dan XI IPA F sebagai kelas kontrol negatif. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen non-tes berupa inventory MAI (Metacognitive Awareness Inventory) oleh Schraw & Dennison (1994) untuk kesadaran metakogniti dan instrumen tes berua soal essay dari tingkat C4-C6 untuk hasil belajar kognitif. Kedua instrumen tersebut diberikan pada kegiatan pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji one-way ANACOVA. Sedangkan untuk instrumen perlakuan menggunakan ATP dan modul ajar sesuai dengan kurikulum merdeka. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) model pembelajaran Flipped Classroom-RICOSRE memiliki pengaruh yang nyata terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil rerata terkoreksi model pembelajaran Flipped Classroom-RICOSRE menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari pada model lainnya; (2) Gender tidak memiliki pengaruh terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini sesuai dengan hasil analisis two-way ANCOVA menujukkan tidak ada perbedaanya yang nyata dengan nilai sig.> 0,05; (3) Interaksi model pembelajaran dan gender terhadap kesadaran metakognitif menghasilkan tidak adanya interasi yang signifikan. Sedangkan interkasi pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar kognitif siswa menghasilkan adanya interaksi yang signifikan. Hasil kelompok kombinasi Flipped Classroom-RICOSRE bergender laki-laki memiliki nilai rerata terkoreksi paling tinggi, namun hasil belajar kognitif yang dihasilkan dapat setara dengan siswa yang bergender perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:18
Last Modified: 25 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item