Santoso, Puguh (2018) Pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap emisi gas buang pada sepeda motor New Vixion / Puguh Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Santoso Puguh. 2018. Pengaruh Penggunan Koil Standar Dan Koil Racing Dengan Busi Iridium Terhadap Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor New Vixion.Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Paryono S.T M.T (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E M. Pd M.M. Kata Kunci Koil Busi Karbon monoksida Hidrokarbon. Saat ini industri otomotif di indonesia berkembang sangat pesat. Ini diakibatkan oleh kebutuhan masyarakat terhadap transportasi. Jumlah transportasi di indonesia yang meningkat di indonesia berakibat pada peningkatan kadar emisi gas buang di kendaraan bermotor. emisi gas buang tersebut adalah CO HC Nox . Untuk mengurangi emisi gas buang tersebut ini dapat dilakukan melalui pengubahan pada sistem pengapiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap emisi gas buang karbonmonoksida dan hidrokarbon. Sehingga dapat diketahui presentase kadar emisi gas buang di kendaraan bermotor tersebut dengan menggunakan bahan bakar pertalite. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan gas analizer dan objek penelitian ini menggunakan kendaraan sepeda motor new vixion tahun 2013. Metode yang digunakan adalah membandingkan kadar emisi gas buang antara penggunaan koil standar dengan busi iridium dan koil racing dengan busi iridium. Pengambilan data dilakukan pada putaran 1500 rpm hingga putaran 9000 rpm dengan kelipatan 500 rpm. Hal ini dilakukan untuk memastikan data yang diperoleh telah valid. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil tertinggi pada uji pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap emisi gas buang karbon monoksida (CO) terdapat pada putaran 6500 rpm dengan angka 2 18 %vol. Hasil terendah pada uji pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap karbon monoksida (CO) terdapat pada putaran 4000 rpm dengan angka 0 10 %vol. Hasil tertinggi pada uji pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap emisi gas buang hidrokarbon (HC) terdapat pada putaran 1500 rpm dengan angka 144 ppm. Hasil terendah pada uji pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap karbon hidrokarbon (HC) terdapat pada putaran 4000 rpm dengan angka 14 ppm. Berdasarkan hasil penelitian pada penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium data yang di peroleh tidak dapat menurunkan emisi gas buang (CO dan HC) secara signifikan dilihat dari analisis menggunakan uji one way anova dengan SPSS. Dalam hal ini uji yang didapat tidak signifikan dalam Penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium menurunkan emisi gas buang (CO dan HC). Dari hasil penelitian yang ditunjukkan perlu adanya penelitian lebih lanjut dalam pengubahan sistem pengapian pada motor injeksi dengan menambah komponen yang lain seperti koil busi dengan tegangan yang lebih besar lagi dan ECU (electronik control unit) sehingga dapat diketahui dari emisi gas buang daya torsi dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |