Studi analisis instrumen evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Kota Blitar / Ari Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi analisis instrumen evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Kota Blitar / Ari Setiawan

Setiawan, Ari (2018) Studi analisis instrumen evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Kota Blitar / Ari Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Setiawan Ari. 2018. Studi Analisis Instrumen Evaluasi Pembelajaran yang dibuat oleh Guru pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif di SMK Kota Blitar. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. Eddy Rudiyanto M.Pd. Kata Kunci analisis instrumen evaluasi pembelajaran kualitas butir soal Tes merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil tes yang diperoleh siswa akan menentukan kualitas tes yang digunakan. Dilihat dari penelitian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa guru belum memperhatikan kualitas soal yang digunakan sebagai instrumen evalasi. Tes yang digunakan hendaknya dianalisis untuk meningkatkan kualitas intrumen evaluasi. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengidentifikasi metode validasi soal yang digunakan oleh guru (2) untuk mengidentifikasi faktor yang menyebabkan guru melakukan validasi soal atau tidak melakukan melakukan validasi soal (3) untuk mengidentifikasi sebaran ranah kognitif pada soal pilihan ganda (4) untuk mengidentifikasi kualitas butir soal pilihan ganda berdasarkan nilai validitas reliabilitas taraf kesukaran daya pembeda dan fungsi distraktor pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif di SMK Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR di SMK Islam 1 dan SMK Katolik Santo Yusup Kota Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Iteman dan program Excel. Hasil penelitian dapat disimpukan (1) Guru melakukan validasi soal tetapi tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku guru melakukan validasi menggunakan pengecekan berjenjang dengan guru membuat soal baru dan diajukan kepada ketua jurusan untuk dilakukan pengecekan manual mengenai bahasa dan kesesuaian materi. (2) Faktor yang menyebabkan guru tidak melakukan validasi soal karena kurangnya penguasaan guru terhadap evaluasi pembelajaran kurangnya perencanaan evaluasi dan kecenderungan guru mengabaikan pentingnya validasi soal. (3) Tingkat sebaran ranah konitif soal pilihan ganda di SMK Islam 1 dan SMK Katolik Santo Yusup Kota Blitar cenderung tinggi pada tingkat pengetauan (C1) dan terlalu redah pada tingkat analisis (C4) dari kriteria pesentase ranah kogitif dan (4) Butir soal pilihan ganda yang dibuat oleh guru di SMK Islam 1 dan SMK Katolik Santo Yusup Kota Blitar memiliki kualitas soal yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43567

Actions (login required)

View Item View Item