Pemenuhan standar proses dan pelaksanaannya untuk mendukung hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di Kota Kediri / Zakariya Irfan

Irfan, Zakariya (2018) Pemenuhan standar proses dan pelaksanaannya untuk mendukung hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di Kota Kediri / Zakariya Irfan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Irfan Zakariya. 2018. Pemenuhan Standar Proses dan Pelaksanaannya Untuk Mendukung Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di Kota Kediri. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Amat Nyoto M.Pd. (II) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci Standar Proses Pendidikan Hasil Belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan SMK. Proses pembelajaran diatur melalui Permendikbud nomor 22 tahun 2016 mengenai standar proses yang berisikan kriteria pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi kelulusan. Standar proses terdiri dari perencanaan proses pembelajaran pelaksanaan proses pembelajaran penilaian proses pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemenuhan standar proses pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di kota Kediri (2) Mengetahui persiapan pelaksanaan standar proses pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di kota Kediri (3) Mengetahui pelaksanaaan standar proses pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di kota Kediri (4) Mengetahui hasil dari pelaksanaaan standar proses pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di kota Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Adapun lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Kediri SMK PGRI 1 Kediri SMK PGRI 4 Kediri dan SMK Kartanegara. Data penelitian berasal dari guru pengawas dan siswa dari masing-masing sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pemenuhan standar proses pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK di kota Kediri berjalan sangat baik dengan ketercapaian sebesar 85 72%. Persiapan pelaksanaan standar proses dilakukan pihak sekolah dengan mengadakan rapat sebelum tahun ajaran baru yang membahas tentang kurikulum yang akan digunakan serta standar baru yang dikeluarkan Mendikbud. Pelaksanaan standar proses guru kesulitan menerapkan pendekatan saintifik dikarenakan jumlah siswa tiap kelas melebihi batas maksimal jumlah jam tatap muka pembelajaran yang kurang dan sarana prasarana yang tersedia seperti alat dan bahan yang digunakan untuk praktik kurang memadai dan jumlahnya tidak sesuai dengan siswa yang ada. Hasil pelaksanaan standar proses berdasarkan tingkat kelulusan siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan sangat baik yaitu 86 99% dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 81 56.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43566

Actions (login required)

View Item View Item