Pengaruh penggunaan panjang pendek velocity stack pada venturi karburator Yamaha Scorpio-Z 225 terhadap torsi dan daya / Adolf Parsaoran Aritonang

Aritonang, Adolf Parsaoran (2018) Pengaruh penggunaan panjang pendek velocity stack pada venturi karburator Yamaha Scorpio-Z 225 terhadap torsi dan daya / Adolf Parsaoran Aritonang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aritonang, Adolf Parsaoran. 2018. Pengaruh Penggunaan Panjang Pendek Velocity Stack Pada Venture Karburator Yamaha Scorpio-Z 225 Terhadap Torsi dan Daya. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Paryono S.T, M.T (II) Drs. Sumarli M.Pd, M.T Kata Kunci : velocity stack, putaran mesin, daya, torsi Velocity Stack merupakan corong udara yang berbentuk seperti terompet yang ditempatkan pada saluran masuk sebelum throttle body pada mesin injeksi, velocity stack berfungsi untuk memperlancar udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Prinsip kerjanya dengan cara mengurangi kerugian udara masuk (efek koefisien udara masuk), Semakin besar diameter velocity stack akan meningkatkan jumlah udara yang masuk kedalam ruang bakar. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui apakah panjang pendek Velocity Stack pada venturi karburator Yamaha Sorpio-Z mempengaruhi nilai torsi pada Yamaha Scorpio-Z. (2) untuk mengetahui apakah panjang pendek Velocity Stack pada venturi karburator Yamaha Scorpio-Z mempengruhi nilai daya pada yamaha Scorpio-Z. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen menggunakan dua variabel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perubahan panjang pendek Velocity Stack dengan diameter 30 mm, 45 mm, dan 60 mm, sedangkan Variabel terikat penelitian ini adalah daya dan torsi. Penelitian dilakukan dengan alat Dynotest. Data yang diambil mulai dari 3500rpm hingga 9000rpm dengan range 500rpm. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan metode one way anova dengan program SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini, terdapat pengaruh pemasangan velocity stack terhadap torsi dan peningkatan torsi dari masing-masing penggunaan velocity stack. Velocity stack yang panjang 60mm mendapatkan daya tertinggi pada putaran 3500rpm sampai 9000rpm dengan kenaikan 500rpm dibandingkan dengan penggunaan velocity stack dengan panjang 30mm dan 45mm tekanan yang timbul sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan velocity stack dengan panjang 60mm. sehingga peningkatan daya pada velocity stack 30mm dan 45mm yang dihasilkan masih dibawah penggunaan velocity stack dengan panjang 60mm. Bagi pengguna kendaraan diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan daya dan penghematan bahan bakar. Sehingga dapat membantu mengatasi krisis bahan bakar yang dialami saat ini. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi mahasiswa jurusan Teknik Mesin untuk dapat mengetahui pengaruh penggunaan panjang pendek Velocity stack pada venture karburator Yamaha Scorpio-Z terhadap torsi dan daya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43563

Actions (login required)

View Item View Item