Pakereng, Yolanda H.I (2022) Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning pada Materi “Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Manusia” untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Katolik Giovanni Kupang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum 2013 diharapkan siswa kelas XI memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan. Tujuan pembelajaran biologi yaitu dapat mengasah keterampilan dalam berpikir secara mendalam dengan menggunakan prinsip biologi. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan prinsip pembelajaran abad ke-21 dimana pembelajaran berfokus pada siswa (student-centered) agar siswa memiliki kemampuan berpikir, yaitu komunikasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, berpikir kreatif. Pembelajaran biologi pada abad ke-21 tidak hanya sekedar menghafal teori yang telah termuat dalam buku atau sumber belajar lainnya tetapi juga perlu menginterpretasikan fenomena biologi yang terjadi di sekitar siswa. Belajar biologi hendaknya dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan atau mengimplementasikan idenya sendiri. Materi “Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Manusia” merupakan materi sistem pada tubuh yang menarik untuk dipelajari oleh siswa. Materi sistem gerak dan sistem sirkulasi juga merupakan materi sistem pada tubuh yang sulit dipahami oleh siswa. Berdasarkan analisis angket yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem gerak dan sistem sirkulasi pada manusia karena materi bersifat abstrak dan kompleks. Pembelajaran materi “Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Pada Manusia” memerlukan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap siswa kelas XI MIPA 2 tahun pelajaran 2022/2023 di SMA Katolik Giovanni Kupang menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif siswa masih rendah. Hal ini terbukti dari rerata persentase dari keseluruhan indikator keterampilan pemecahan masalah menunjukkan hasil 56% dengan kategori rendah, sedangkan rerata persentase dari keseluruhan indikator keterampilan berpikir kreatif menunjukkan hasil 55% dengan kategori rendah. Rendahnya keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Katolik Giovanni Kupang masih tergolong rendah. Hal ini terbukti bahwa beberapa siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran IPA. Keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa yang rendah, dikarenakan dalam pembelajaran belum terdapat bahan ajar yang memanfaatkan teknologi dengan terintegrasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Hasil analisis angket kebutuhan yang telah diberikan kepada guru menunjukkan bahwa guru hanya menggunakan buku paket Biologi dan PPT serta belum pernah merancang dan menggunakan bahan ajar elektronik yang terintegrasi model pembelajaran. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menyediakan bahan ajar berupa E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-Modul berbasis Problem Based Learning pada materi “Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Manusia” untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif yang valid, praktis, dan efektif bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari tahap Penilaian/ analisis (assessment/ analyze), Desain (desaign), Pengembangan (development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan Biologi, angket kepraktisan, dan soal-soal pretest-posttest untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif. Hasil Validasi terhadap e-modul yang dikembangkan menunjukkan kriteria sangat valid dengan nilai validitas 100% (ahli materi), 98,22% (ahli media), dan 93,00 (ahli Praktisi Pendidikan Biologi. Uji kepraktisan berdasarkan angket respon yang diberikan kepada siswa sebesar 90,13 dengan kategori sangat praktis. Penggunaan e-modul Biologi berbasis Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan hasil gain score yaitu sebesar 0,55 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 0,27 dengan kategori rendah. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif juga terjadi pada kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan gain score kelas eksperimen yaitu sebesar 0,59 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,24 dengan kategori rendah. Peningkatan hasil belajar kognitif juga terjadi pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,74 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa E-Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning pada materi “Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Manusia” yang dikembangkan telah terbukti sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan E-Modul ditunjukkan dari peningkatan keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar penelitian lanjut sejenis pada materi selain “Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Manusia”. Guru juga diharapkan dapat mengembangkan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada materi selain “Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi Manusia”. Disamping itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan untuk menguji pengaruh E-Modul Berbasis Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan lain selain keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:34 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:34 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4356 |
Actions (login required)
View Item |