Pengembangan bahan ajar memelihara unit Kopling berbasis e-learning menggunakan autoplay media studio pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Nasional Malang / Totok Harianto

Harianto, Totok (2018) Pengembangan bahan ajar memelihara unit Kopling berbasis e-learning menggunakan autoplay media studio pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Nasional Malang / Totok Harianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Harianto Totok. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Memelihara Unit Kopling Berbasis E-Learning Menggunakan AutoPlay Media Studio Pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMK Nasional Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. MM. (II) Dr. H. Agus Sholah M.Pd. Kata kunci Bahan Ajar Memelihara Unit Kopling AutoPlay Media Studio. Dari hasil observasi yang dilakukan di SMK Nasional Malang terdapat beberapa permasalahan sebagai berikut (1) sistem pembelajaran belum dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada (2) sarana dan prasarana belum termanfaatkan dengan baik (3) siswa kurang memahami pembelajaran pada matapelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar memelihara unit kopling berbasis e-learning menggunakan autoplay media studio dan mengetahui pengaruh bahan ajar memelihara unit kopling berbasis e-learning menggunakan autoplay media studio pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Di SMK Nasional Malang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R D) ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluation). Pengambilan data dilakukan dengan cara validasi berupa angket kepada ahli media dan materi. Uji eksperimen dilakukan dengan cara pretest dan postest kepada kelas X TKRO 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKRO 2 sebagai kelas eksperimen di SMK Nasional Malang dengan masing-masing kelas berjumlah 17 siswa. Analisis data dilakukan melalui perbandingkan rata-rata hasil belajar. Selanjutnya hasil analisis diuji menggunakan teknik Independent Simple t-Test pada SPSS. Dari penelitian ini diketahui bahwa tingkat kelayakan bahan ajar dari validasi oleh ahli media sebesar 73 33% validasi oleh ahli materi sebesar 70 00% dan Uji coba kelompok kecil sebesar 80 22%. Nilai pretest dan postest pada kelas kontrol memiliki selisih rata-rata sebesar 28 18 dan kelas eksperimen sebesar 45 41. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bahan ajar memelihara unit kopling berbasis e-learning menggunakan AutoPlay Media Studio pada TKRO di SMK Nasional Malang sudah cukup layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43555

Actions (login required)

View Item View Item