Studi tentang model penjadwalan pembelajaran sistem blok pada teknik kendaraan ringan otomotif SMK Negeri 1 Singgahan Tuban / Dodi Suprayogi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang model penjadwalan pembelajaran sistem blok pada teknik kendaraan ringan otomotif SMK Negeri 1 Singgahan Tuban / Dodi Suprayogi

Suprayogi, Dodi (2018) Studi tentang model penjadwalan pembelajaran sistem blok pada teknik kendaraan ringan otomotif SMK Negeri 1 Singgahan Tuban / Dodi Suprayogi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Suprayogi Dodi. 2018. Studi Tentang Model Penjadwalan Pembelajaran Sistem Blok Pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 1 Singgahan Tuban. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Dr. H. Agus Sholah M.Pd Kata Kunci model penjadwalan sistem blok matapelajaran praktikum Salah satu langkah untuk meningkatkan suatu pembelajaran adalah dengan memilih model penjadwalan yang tepat. Dalam pembelajaran praktikum salah satu model penjadwalan yang dapat digunakan yaitu model penjadwalan sistem blok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan model penjadwalan pembelajaran sistem blok pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Singgahan penerapan model penjadwalan pembelajaran sistem blok pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Singgahan dan kendala model penjadwalan pembelajaran sistem blok pada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 1 Singgahan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini diambil dari siswa Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 1 Singgahan Tuban. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 1 Singgahan Tuban berjumlah 62 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dapat disimpulkan sebagai berikut perencanaan model penjadwalan pembelajaran sistem blok berada pada kategori sedang dengan persentase pencapaian 75% penerapan model penjadwalan pembelajaran sistem blok berada pada kategori sedang dengan persentase pencapaian 76% dan kendala model penjadwalan pembelajaran sistem blok berada pada kategori sedang dengan persentase 77%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut bagi siswa untuk lebih mempersiapkan fisik sebelum melaksanakan praktikum bagi guru diharapkan lebih memberikan variasi dalam pembelajaran praktikum dan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi sekolah lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43554

Actions (login required)

View Item View Item