Pengaruh penambahan bioetanol pada pertalite dan penggunaan busi iridium terhadap emisi gas buang mesin injeksi Honda Vario ISS 125 CC tahun 2013 / Gigih Ciptarto Adi

Adi, Gigih Ciptarto (2018) Pengaruh penambahan bioetanol pada pertalite dan penggunaan busi iridium terhadap emisi gas buang mesin injeksi Honda Vario ISS 125 CC tahun 2013 / Gigih Ciptarto Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Adi, Gigih Ciptarto. 2018. Pengaruh Penambahan Bioetanol Pada Pertalite Dan Penggunaan Busi Iridium Terhadap Emisi Gas Buang Mesin Injeksi Honda Vario Iss 125 Cc Tahun 2013. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Paryono, S.T., M.T. (II) Drs. Partono, M.Pd. Kata kunci : bioetanol, iridium, emisi gas buang, pertalite Kendaraan bermotor khususnya sepeda motor mengalami peningkatan jumlah setiap tahunnya. Sepeda motor pada kondisi ini mengakibatkan peningkatan emisi gas buang dan kebutuhan bahan bakar. Mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan sebuah bahan bakar alternatif yakni dengan menambahkan campuran bioetanol dan penggunaan busi iridium. Bioetanol ini memiliki nilai oktan yang tinggi, sehingga ini dapat meningkatkan angka oktan bahan bakar pertalite. Hal ini menakibatkan pembakaran menjadi sempurna. Pembakaran yang sempurna menjadikan prosentase emisi gas buang menjadi turun. Penggunaan busi iridium mendukung proses pembakaran bahan bakar yang sempurna. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bioetanol pada pertalite dan penggunaan busi iridium terhadap emisi gas buang CO dan HC mesin injeksi Honda Vario ISS 125 cc. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiments. Pengambilan data menggunakan emisi gas analyzer Analisis datanya menggunakan One Way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penggunaan penambahan bioethanol dalam pertalite menggunakan busi iridium tidak terdapat pengaruh yang signifikan emisi gas buang CO pada Mesin Injeksi Honda Vario ISS 125 cc (0,037%)., (2) Penggunaan bioetanol dan busi standar terdapat pengaruh yang signifikan emisi gas buang HC pada Mesin Injeksi Honda Vario ISS 125 cc. Berdasarkan hasil penelitian data, disimpulkan penggunaan penambahan bioethanol dalam pertalite menggunakan busi iridium tidak terdapat pengaruh yang signifikan emisi gas buang CO dan penggunaan penambahan bioethanol dalam pertalite menggunakan busi iridium terdapat pengaruh yang signifikan emisi gas buang HC. Peneliti menyarankan bahwa penelitian lebih lanjut terkait dengan konsumsi bahan bakar spesifik perlu dilakukan pada tingkatan rpm yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43553

Actions (login required)

View Item View Item