Wijaya, M. Adib (2018) Studi pengelolaan program guru keahlian ganda pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMKN 1 Singosari / M. Adib Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Wijaya M. Adib. 2018. Studi Pengelolaan Program Guru Keahlian Ganda Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H.Yoto S.T. M.Pd. M.M. (2) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. Kata Kunci Pengelolaan Program Guru Keahlian Ganda Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan program guru keahlian ganda pada kompetensi teknik kendaraan ringan otomotif di SMKN 1 Singosari. Sedangkan tujuan khususnya yaitu Mendeskripsikan perencanaan Mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran Mendeskripsikan sistem evaluasi dan Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi program guru keahlian ganda pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMKN 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian mengungkap objek penelitian secara holistik alamiah dan induktif yang disajikan dengan cara mendeskripsikan data berupa uraian kata-kata dan kalimat. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Pengambilan data menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan meliputi analisis saat pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Pertama perencanaan kegiatan program guru keahlian ganda pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMKN 1 Singosari (1) SMKN 1 Singosari memiliki 3 instruktur pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif yang sudah terseleksi kemudian mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh VEDC. Instruktur memiliki berbagai kompetensi yang menunjang kegiatan pembelajaran program guru keahlian ganda di SMKN 1 Singosari Dan (2) Kelengkapan dan ketercukupan sarana dan prasarana sudah baik. VEDC sudah melakukan penilaian terhadap kelengkapan dan ketercukupan sarana dan prasarana sehingga SMKN 1 Singosari dinyatakan layak untuk dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan program guru keahlian ganda. Kedua pelaksanaan proses pembelajaran program guru keahlian ganda pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMKN 1 Singosari (1) Penyusunan perangkat pembelajaran instruktur hanya mempelajari dari perangkat yang sudah ada. Kemudian instruktur mengembangkan sesuai karakteristik materi. Selain itu instruktur menyiapkan peralatan yang digunakan dan dibantu oleh penanggung jawab sarana dan prasarana (2) Instruktur menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa (Andragogik). Pada kegiatan pembelajaran teori peserta harus mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dipelajari sehingga pembelajaran lebih aktif dan (3) Instruktur menggunakan teknik demonstrasi pada saat praktik sehingga peserta akan memperhatikan contoh yang diberikan instrukturnya. Setelah itu mereka akan mempraktikkan materi yang sudah vi diberikan. Mereka juga diberikan kesempatan magang di dunia industri agar lebih paham keadaan sebenarnya di lingkungan industri. Ketiga sistem evaluasi program guru keahlian ganda pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMKN 1 Singosari (1) Instruktur melakukan penilaian pelaksanaan pendidikan dan pelatihan meliputi tiga aspek yaitu aspek pengetahuan sikap dan keterampilan. Instruktur melakukan penilaian menggunakan instrumen yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. (2) Penilaian sertifikasi keahlian ganda yaitu penilaian kompetensi keahlian sudah merupakan wewenang Lembaga Sertifikasi Pendidikan dan penilaian pedagogik sudah wewenang dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Keempat faktor-faktor yang mempengaruhi program guru keahlian ganda pada kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan otomotif di SMKN 1 Singosari. faktor-faktor pendukung seperti sarana dan prasarana yang mendukung instruktur yang berkompeten latar belakang pendidikan yang sejalan kolega yang saling membantu dan praktik industri. Sementara itu faktor-faktor penghambat program diantaranya latar belakang pendidikan yang tidak sejalan peserta lanjut usia kesulitan dalam belajar mandiri dan tanggung jawab selain mengikuti program guru keahlian ganda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |