Pengembangan modul pembelajaran Sistem Common Rail Diesel untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendarangan Ringan di SMK Islam 1 Blitar / Jayanda Agustian

Agustian, Jayanda (2018) Pengembangan modul pembelajaran Sistem Common Rail Diesel untuk siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendarangan Ringan di SMK Islam 1 Blitar / Jayanda Agustian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Agustian Jayanda. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Common Rail Diesel untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik KendaraanRingan di SMK Islam 1Blitar. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I).Drs. H. Paryono S.T. M.T. (II) Drs. Partono M.Pd Kata kunci modul problem based learning (PBL) course review horrey (CRH) sistemcommon rail diesel Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang pembelajaran. Modul merupakansalahsatu bahan ajar yang baikdigunakanuntukpembelajaran di SMK. Meskipun modul dipercaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa namun modul Sistem Common Rail Diesel belum tersedia dan digunakan di SMK Islam1Blitar. Oleh karena itu perlu untuk mengembangkan modul yang baik dan efektif khususnyauntuk materi SistemCommon Rail Diesel melalui penelitianpengembangan. Pengembangan modul bercirikan perpaduan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Course Review Horrey(CRH) pada materi sistemcommon rail dieselini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun untuk tahap disseminate (penyebaran) tidak dilaksanakan.Validasi dari modul dilakukan oleh ahli sedangkan kepraktisan dan keefektifan modul melalui uji coba produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi lembar observasi tes penguasaan materi modul serta angket. Subjek coba produk hasil pengembangan ini adalah 35 siswa kelas XII-TKRdi SMK Islam 1Blitar. Uji coba yang dilakukan terhadap subjek coba terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (kelas). Hasil uji coba lapangan yaitu (1) semua siswa dapat mengerjakan lebih dari 80% aktivitas-aktivitas yang diminta dalam modul (2) terdapat 3 siswa yang kurang/tidak teliti dalam mengerjakan tes yang terdapat dalam modul. Hasil uji ahli mengenai modul diperoleh skor rata-rata seluruh aspek sebesar 3 796 hasil uji coba lapangan mengenai observasi keterlaksanaan modul diperoleh skor rata-rata seluruh aspek sebesar3 667 hasil uji coba lapangan yang dilakukan diperoleh hasil sebesar 95 7% siswa XIITKR telah menguasai materi Sistem Common Rail Diesel. Berdasarkan hasil angket sebanyak 90 7% siswa XIITKR memberikan respon yang positif terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43547

Actions (login required)

View Item View Item