Pengaruh elektrolisis air terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada mobil Esemka Digdaya 1.51 / Fakhrizza Arrifi Agustin

Agustin, Fakhrizza Arrifi (2018) Pengaruh elektrolisis air terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada mobil Esemka Digdaya 1.51 / Fakhrizza Arrifi Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arrifi Fakhrizza. 2015. Pengaruh Elektrolisis Air terhadap Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar pada Mobil EFI. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mardji M.Kes. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci elektrolisis air emisi gas buang konsumsi bahan bakar Pada masa kini perkembangan teknologi otomotif semakain maju dan massif yang mengakibatkan semakin banyaknya kendaraan bermotor. Hal ini mengakibatkan semakin meningkatnya permasalahan polusi udara dan semakin menipisnya bahan bakar dunia. Salah satu alternatif untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang adalah menggunakan brown gas. Brown gas dihasilkan dari proses elektrolisis air. Brown gas dimasukkan ke dalam ruang bakar sebagai suplemen penambah bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penambahan brown gas hasil elektrolisis air terhadap kualitas emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada motor bakar injeksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Singosari tanggal 9 sampai 12 Maret 2015. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental murni. Analisis yang digunakan adalah analisis Uji-T. Pengambilan data dilakukan untuk mengungkapkan data pada variable emisi gas buang (HC dan CO) dan konsumsi bahan bakar akibat dari tidak digunakannya elektrolisis air dan digunakannya elektrolisis air pada putaran motor yang berbeda yaitu 1000 rpm 1500 rpm 2000 rpm 2500rpm 3000 rpm dan 3500 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elektrolisis air yang telah dibuat berpengaruh terhadap emisi gas buang CO dan HC namun pengaruhnya kurang signifikan terhadap konsumsi bahan bakar. Efektivitas elektrolisis air menurun ketika mesin berada pada putaran 3000 rpm keatas. Yang dikarenakan lubang pemasukan HHO berada setelah sensor TPS yang menyebabkan pembacaan Air Fuel Ratio berubah. Kemudian terjadi karat pada elektroda yang berbahan stainless steel. Kesimpulan yang didapat adalah elektrolisis air mampu meningkatkan kualitas emisi gas buang HC dan CO namun kurang signifikan terhadap jumlah konsumsi bahan bakar. Maka disarankan untuk melanjutkan penelitian berupa perancangan pemasukan HHO dan bahan elektroda yang bisa tahan karat pada reaksi redoks dalam tabung elektroliser.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43545

Actions (login required)

View Item View Item