Pengembangan media pembelajaran aplikasi adobe air berbasis android (offline) pada materi sistem starter untuk siswa TKR kelas XI di SMK Negeri 1 Nglegok / Fajar Hamid

Hamid, Fajar (2018) Pengembangan media pembelajaran aplikasi adobe air berbasis android (offline) pada materi sistem starter untuk siswa TKR kelas XI di SMK Negeri 1 Nglegok / Fajar Hamid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hamid, Fajar. 2017. Pengembangan Media PembelajaranAplikasi Adobe AIR Berbasis Android (Offline)padaMateriSistemStarteruntuk Siswa TKR Kelas XI SMK Negeri 1 Nglegok. 20017. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sumarli, M.Pd., M.T. (II) Drs. H. Paryono, S.T., M.T. Kata kunci: media pembelajaran, Adobe AIR, Android, sistemstarter Media pembelajaranberbantuanaplikasi Androidmemilikimanfaatkeunggulanyaitumurah, mudahdanpraktis. Dengan adanya pembelajaran melalui teknologi melalui aplikasi pembelajaran yang berada di smartphone guru dan siswa dapat melakukan pembelajran belajar dengan baik. Serta bisa lebih menarik minat belajar siswa tentang materi starter. Tujuandaripenelitianpengembangandi SMK Negeri 1 Nglegok adalah (1)merancang media pembelajaranberbasis Android sistem starter,(2)merancang media pembelajaranberbasisAndroidsistem starter,(3)mengujicoba danmengetahuikualitasproduk media pembelajaranberbasis Android yang dihasilkansehinggalayakdigunakandalampembelajaransistemstarter. Media pembelajaranberbantuanaplikasi menggunakanAplikasi Adobe AIRuntukmengembangkan media pembelajran. Adobe AIR adalah sebagai media antar muka yang bekerja pada bagian platform yang berjalan pada operasi Windows, Linux maupun MacOS seperti Android, Iphone da sebagainya. Membuat aplikasi Android dengan Adobe AIR dapat di buat dengan memakai software Adobe Flash CS6 atau I-spiring dan Andaired. Model pengembangan yang digunakandalampenelitianinimenggunakan model dari ADDIE yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Instrumenpengumpul data yang digunakandalampenelitiandanpengembanganiniberupaangket yang validasi olehahli media, ahlimateri, ujicobakelompokkecilberupahasiltanggapan media pembelajaranterhadapdelapansiswadanujicobalapanganberupanilaievaluasisiswa. Penilaiandiperolehdua jenis data kuantitatifuntukmenilaikefalidanproduk media yang dihasilkandan data kualitatifyaituhasil saran dantanggapandari para validator secaralisanolehpengembang. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa media pembelajaranberbasis android yang telahdikembangkanberdasarkanpenilaianahli media memperolehprosentase93,75% yang termasukkriteria valid, data dariahlimaterimemperolehprosentase92,5% yang termasukkriteria valid, hasilujicobakelompokkecilmenunjukkan media pembelajaranberbasis Android memilikikualitasbaik (90,63%). Selanjutnya nai rata-rata siswa dari uji coba lapangan adalah 88,22. Berdasarkanhasilperolehan data menunjukkanbahwa media pembelajaran yang telahdikembangkanpadapenelitianpengembanganinidinyatakanvalid danlayakdigunakansebagai media pembelajaran. Penggunaanproduk media pembelajaranberbasis Android padaskala yang lebihluasperlu di kembangkan lagi agar memanfaatkan media pembelajaranberbasis Android inisebagaipenunjangkegiatanbelajarsiswa di luarsekolahuntukmeningkatkanhasilbelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43543

Actions (login required)

View Item View Item