Pengembangan media pembelajaran adobe flash CS 6 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran teknik listrik dasar otomotif di SMK / Riza Dwi Ahmadi

Ahmadi, Riza Dwi (2018) Pengembangan media pembelajaran adobe flash CS 6 untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran teknik listrik dasar otomotif di SMK / Riza Dwi Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ahmadi, Riza Dwi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash CS 6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif di SMK. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Amat Mukhadis, M.Pd, (II) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T. Kata Kunci: media pembelajaran, Adobe Flash CS 6, hasil belajar siswa, SMK Adobe flash adalah salah satu software yang digunakan para user untuk membuat animasi, game, presentasi, web, animasi pembelajaran, media pembelajaran dan film. Pada software Adobe Flash dapat memasukkan file suara, file video dan file gambar dari aplikasi lain. Media pembelajaran merupakan suatu alat untuk menyampaikan pesan atau materi pelajaran dari pendidik kepada peserta didik. Media pembelajaran harus memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran dan menarik bagi peserta didik, supaya peserta didik semangat dalam belajar sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran pada SMK yang diteliti masih menitik beratkan dengan metode ceramah yang dibantu dengan e-book berupa word. Penyampaian materi mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif menggunakan metode ceramah, metode ceramah dinilai kurang efektif dalam proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang menekankan dengan metode ceramah dapat membuat peserta didik cepat bosan dan kurang fokus dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mendukung peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan tertib dan aktif adalah menyampaikan materi pembelajaran dengan media yang menarik secara psikologis dan mudah dipahami oleh peserta didik. Sehingga hal tersebut diharapakan mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dalam penyampaian materi lebih baik didukung dengan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif seperti media Adobe Flash. Dalam hal ini guru belum memiliki media pembelajaran Adobe Flash dikarenakan keterbatasan tenaga dan waktu yang dimiliki oleh guru. Dalam pembelajaran guru memiliki peran penting terhadap siswanya untuk memilih atau menentukan media pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa mencapai kompetensi dasar pada mata pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat peneliti mewawancarai Bapak Achmad Fauzi selaku guru mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif, diperoleh data hasil belajar siswa pada mata pelajaran Listrik Dasar Otomotif yang masih banyak dibawah KKM. Bapak Fauzi menyebutkan bahwa rata-rata nilai siswa kurang lebih 56. Ini menandakan bahwa guru harus meningkatkan hasil belajar siswa sampai pada batas KKM. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebagian besar peserta didik masih belum mencapai nilai KKM dalam mata pelajaran Listrik Dasar Otomotif. Dalam kegiatan proses pembelajaran guru lebih mengutamakan menggunakan pendekatan konvensional berupa ceramah dan penugasan individu, peserta didik diajarkan dengan konsep berpikir abstrak dengan menjadikan guru sebagai sumber utama dalam belajar, padahal pada penerapan kurikulum 2013 guru harus melakukan pendekatan ii saintifik, agar bukan guru lagi yang menjadi pusat belajar, melainkan peserta didik juga ikut berperan aktif saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash CS 6 dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran teknik listrik dasar otomotif di SMK, (2) menguji signifikansi peningkatan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran Adobe Flash CS 6. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental menurut Sadiman (2010:11) dengan 8 langkah sistematis, yakni: (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan, (3) perumusan butir-butir materi, (4) perumusan pengukur keberhasilan, (5) penulisan langkah media, (6) tes/uji coba, (7) revisi, dan (8) siap produksi. Subjek terdiri atas 27 siswa kelas X TKR 1 SMK Nasional Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes tetulis pilihan ganda dan dianalisis rerata dan uji-t. Hasil validasi menunjukkan (1) ahli media dengan skor rata-rata sebesar 3,4 atau 85% media layak; (2) ahli materi dengan skor rata-rata 3,3 atau 82,5% media layak; (3) uji kelompok kecil dengan skor rata-rata 3,2 atau 80% media layak; dan (4) uji lapangan pada kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata 3,32 atau 83% media layak. Hasil seluruh uji coba mendapatkan persentase sebesar 82,62% media layak, di bunyikan bahwa: (1) media Adobe Flash CS 6 valid, serta layak digunakan, (2) hasil belajar siswa menggunakan Adobe Flash CS 6 lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43541

Actions (login required)

View Item View Item