Analisis penambahan penghemat bh bk berbasis elektrolisis air mesin terhadap daya dan torsi sepeda motor / Dimas Chandra Prahtama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penambahan penghemat bh bk berbasis elektrolisis air mesin terhadap daya dan torsi sepeda motor / Dimas Chandra Prahtama

Prahtama, Dimas Chandra (2018) Analisis penambahan penghemat bh bk berbasis elektrolisis air mesin terhadap daya dan torsi sepeda motor / Dimas Chandra Prahtama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prahtama Dimas Chandra. 2017. Analisis Penambahan Penghemat Bh Bk Berbasis Elektrolisis Air terhadap Daya Sepeda motor. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mardji M. Kes (II) Drs Eddy Rudiyanto M.Pd. Kata Kunci penghemat bahan bakar elektrolisir air daya mesin Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) di mana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. Proses lain untuk melepaskan energi dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir (seperti Fisi nuklir atau Fusi nuklir). Hidrokarbon (termasuk di dalamnya bensin dan solar) sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Ada Perbedaan Pengaruh Antara Penambahan Bahan Bakar dan Tanpa Penambahan Penghemat Bahan Bakar Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan penambahan penghemat bahan bakar dan tanpa penambahan penghemat bahan bakar. sedangkan variabel terikat dalam penelitian yaitu konsumsi daya mesin. Pengambilan data dilakukan sebanyak 7 kali pada setiap putaran mesin yang uji yaitu 3750 rpm sampai 10000 rpm dengan tahap kenaikan 250 rpm. Uji hipotesis dilakukan menggunakan metode statistik parametrik Paired Sample T Test dengan uji prasyarat berupa uji normalitas data menggunakan Kolmogrov Smirnov Test. Berdasarkan pembahasan di atas pada beberapa perobaan denngan variasi putaran mesin 3750 rpm sampai 10000 rpm dengan tahap kenaikan 250 rpm dapat diketahui bahwa pada tanpa penghemat bh bk menghasilkan daya terendah 1 5 Hp da daya ter tinggi 11 7 Hp. Sedangkan pada penggunaan penghemat bh bk menghasilkan daya terendah 2 6 Hp dan daya tertinggi 11 8 Hp maka dari hasil tabel 4.3 hasi uji paired sampel T-tes di ketahui bahwa tanpa penambahan penghemat bh bk maupun yang menggunaka penghemat bh bk menunjukkan hasil yang berbeda terhadap daya mesin namu daya yang paling baik pada penambahan penghemat bahan bakar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada daya mesin Yamaha Nuvo akibat Penambahan Penghemat Bahan Bakar dan tanpa Penambahan Penghemat Bahan Bakar. Disarankan agar pada penelitian berikutnya menggunakan beberapa macam penghemat bh bk berbasis elektrolisis Air dengan katalis yang lainya agar hasil penelitian yang di lakukan lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43540

Actions (login required)

View Item View Item