Pengaruh penggunaan elektronik turbocharger terhadap emisi gas buang pada sepeda motor / Rifki Zainur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan elektronik turbocharger terhadap emisi gas buang pada sepeda motor / Rifki Zainur Rahman

Rahman, Rifki Zainur (2018) Pengaruh penggunaan elektronik turbocharger terhadap emisi gas buang pada sepeda motor / Rifki Zainur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman RifkiZainur. 2017. PengaruhPenggunaanElektronik Turbocharger TerhadapEmisi Gas BuangpadaSepeda Motor. Skripsi JURUSAN TeknikMesin FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mardji M. Kes. (II) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Elektronik Turbocharger Gas Buang KarbonMonoksida Hidrokarbon Pencemaranudara yang disebabkan gas buangkendaraanbermotormerupakanancamanbagikesehatanmahlukhidup. Hal itudisebabkankarenapertumbuhanjumlahkendaraanbermotorsemakinmeningkatpadasetiaptahunnya. Upaya yang dilakukanpemerintahuntukmengurangiemisi gas buangdiantaranyadengandikeluarkanPeraturanMenteri Negara LingkunganHidupNomor 5 Tahun 2006 tentangambangbatasemisi gas buangkendaraanbermotor. Keadaaninipastimembutuhkansolusisalahsatunyapenguranganemisi gas buangkendaraanbermotor.salahsatuupayaalternatifuntukmemaksimalkanpembakaranadalahdenganmembuataliranputarturbulenpadafluidakerja (swirl) sehinggamengoptimalkanpercampuranudaradenganbahanbakarsalahsatunyadenganElektronik Turbocharger. Penelitianinibertujuan (1) Untukmengetahuijumlahemisi gas buang (CO dan HC) yang dihasilkanmesin yang belumterpasangElektronik TurbochargerdansudahterpasangElektronik Turbocharger. (2) UntukmengetahuiapakahadapengaruhpadapenggunaanElektronik Turbochargerterhadapemisi gas buang CO. (3) UntukmengetahuiapakahadapengaruhpadapenggunaanElektronik Turbochargerterhadapemisi gas buang HC. Penelitianinimenggunakanjenismetodeeksperimendenganmenggunakanduavariabelpenelitian. VareabelbebasdalampenelitianiniadalahjenisElektronikTurbocharger Variabelterikatdalampenelitianiniadalahemisi gas buang. Penelitianuntukmengujiemisi gas buangdilaksanakan di LaboratoriumOtomotifUniversitasNegeri Malang. Data yang diambildari rpm 1500 sampai 7500 dengankenaikan 1500 rpm. Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisisstatistikparametrikmenggunakanmetodestatistikPaired Sample t TestdenganbantuanSPSS 20 for Windows. Hasilpenelitian yang didapatpadapenelitiantersebutialah pemasanganElektronik Turbochargermemberikandampakpositifyaituberkurangnyakadar CO dan HC setelahpemasanganElektronik Turbocharger. Hasiltersebutdipengaruhiolehpusaran yang terjadididalamsaringanudarasihinggacampuranudaradanbahanbakarlebihhomogen yang berakibatpembakaran yang sempurna. BerdasarkanhasildiatasdapatdisimpulkanbahwaterdapatpengaruhpemasanganElektronik Turbochargerterhadapemisi gas buang CO dan HC pada Honda Vario 125 eSPpadaputaran 1500 rpm 3000 rpm 4500 rpm 6000 rpm dan 7500 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43538

Actions (login required)

View Item View Item