Hubungan persepsi siswa tentang ketersediaan sarana prasaranaRruang Praktik Otomotif dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Singosari / Muhamad Sehudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi siswa tentang ketersediaan sarana prasaranaRruang Praktik Otomotif dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Singosari / Muhamad Sehudin

Sehudin, Muhamad (2018) Hubungan persepsi siswa tentang ketersediaan sarana prasaranaRruang Praktik Otomotif dengan prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Singosari / Muhamad Sehudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sehudin Muhamad. 2017. Hubungan Persepsi Siswa tentang Ketersediaan Sarana Prasarana Ruang Praktik Otomotif dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Partono M.Pd.(II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci persepsi siswa ketersediaan sarana prasarana prestasi belajar siswa Peningkatan mutu pendidikan meliputi banyak hal diantaranya adalah mengenai sarana dan prasarana. Fakta di lapangan menunjukan bahwa masih banyak sekolah yang minim dengan sarana dan prasarananya sehingga mutu pendidikan menjadi rendah. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada ruang praktik otomotif di SMK Negeri 1 Singosari. Peneliti menemukan fakta bahwa sarana prasarana yang tersedia banyak yang terbilang sudah lengkap dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam Permendiknas No. 40 Tahun 2008 tentang standar sarana prasarana untuk SMK/MAK. Namun tidak semua sarana yang tersedia bisa digunakan untuk pembelajaran karena mengalami kerusakan sehingga spesifikasi sarana tersebut semakin rendah dari standar yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yakni mendeskripsikan mengenai hubungan persepsi siswa tentang ketersediaan sarana prasarana sebagai variabel bebas (X) dengan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 1 2 dan 3 di SMK Negeri 1 Singosari. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasi Product Moment Pearson untuk menguji hipotesis. Berdasarakan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Persepsi siswa tentang ketersedian sarana prasarana ruang praktik otomotif di SMK Negeri 1 Singosari dinyatakan sangat baik. (2) Prestasi belajar siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan 1 2 dan 3di SMK Negeri1 Singosarimemiliki prestasi belajardalamklasifikasibaik. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang ketersediaan sarana prasarana ruang praktik otomotif dengan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan 1 2 dan 3 pada mata diklat sistem starter dimana didapatkannilai Pearson Correlation sebesar 0.745. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Sekolah a) Melengkapi peralatan yang masih belum tersedia b) Melengkapi peralatan yang masih belum memenuhi standar c) Memperbaiki atau mengganti peralatan yang sudah tidak layak pakai. (2) Bagi Guru diharapkan berperan aktifdalam membantu SMK untuk mengembangkan sarana prasarana ruang praktik otomotif. Bagi Siswa dengan persepsi yang baik dan didukung dengan ketersediaan sarana prasarana yang memadai diharapkan mampumemicusiswa untukmemiliki prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43536

Actions (login required)

View Item View Item