Pengaruh tegangan pegas kopling sentrifugal terhadap daya mesin dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI / Teguh Wahyu Aditya

Aditya, Teguh Wahyu (2018) Pengaruh tegangan pegas kopling sentrifugal terhadap daya mesin dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI / Teguh Wahyu Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aditya, Teguh Wahyu. 2017. Pengaruh Tegangan Pegas Kopling Sentrifugal Terhadap Daya Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Honda Beat PGM-FI. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. H. Sumarli, M.Pd., M.T. (2) Drs. H. Imam Muda Nauri, S.T., M.T. Kata Kunci : pegas kopling sentrifugal, daya mesin, konsumsi bahan bakar Pada umumnya produsen sepeda motor matik merubah tegangan pegas kopling sentrifugal dengan mengganti produk racing yang ada dipasaran dengan harapan mampu menghasilkan performa yang maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, namun sesuai dengan ilmu pengetahuan, penulis ingin mencari pengaruh antara pegas kopling sentrifugal standar dan pegas kopling racing. Penelitian ini bertujuan antara lain: untuk mengetahui pengaruh tegangan pegas kopling sentrifugal standar dan pegas kopling sentrifugal racing terhadap daya mesin dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tegangan pegas kopling sentrifugal. Variabel terikat adalah daya mesin dan konsumsi bahan bakar. Sedangkan variabel kontrol adalah suhu pada suhu kerja mesin ??70?? - 80??C, berat roller dan kelengkapan CVT standar. Penelitian ini dilakukan di Asia Motor Honda Sulfat - Malang. Analisis data yang didapat dari penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengaruh daya mesin dan konsumsi bahan bakar antara tegangan pegas kopling sentrifugal standar dan tegangan pegas kopling sentrifugal racing. Pegas kopling sentrifugal 800 rpm (10 kg/cm??) memiliki daya mesin yang lebih stabil pada rpm rendah, rpm sedang dan rpm tinggi, tetapi untuk pegas kopling sentrifugal 1500 rpm (33,33 kg/cm??) dan 2000 rpm (50 kg/cm??) memiliki daya yang besar ketika berada pada putaran rendah sampai menengah. Hasil penelitian pegas kopling sentrifugal 800 rpm (10 kg/cm??) masih lebih irit konsumsi bahan bakarnya, tetapi untuk pegas kopling sentrifugal 1500 rpm (33,33 kg/cm??) dan 2000 rpm (50 kg/cm??) memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya pengaruh dengan hasil daya mesin tertinggi pada pegas kopling sentrifugal 2000 rpm (50 kg/cm??), baik bila digunakan untuk jalan yang banyak tanjakan karena memiliki daya yang besar pada rpm rendah sampai menengah, tetapi penggunaan konsumsi bahan bakar lebih banyak dari pegas kopling sentrifugal 800 rpm dan 1500 rpm (10 kg/cm?? dan 33,33 kg/cm??), dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut, dengan variabel-variabel yang belum diketahui sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43535

Actions (login required)

View Item View Item