Pengaruh Penggunaan Pegas Kopling terhadap Daya Transfer dan Akselerasi pada Sepeda Motor Honda Mega Pro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Penggunaan Pegas Kopling terhadap Daya Transfer dan Akselerasi pada Sepeda Motor Honda Mega Pro

Lazuardi, Muhammad Dzulfikar (2018) Pengaruh Penggunaan Pegas Kopling terhadap Daya Transfer dan Akselerasi pada Sepeda Motor Honda Mega Pro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lazuardi Muhammad Dzulfikar. 2017. Pengaruh Penggunaan Pegas Kopling terhadap Daya Transfer dan Akselerasi pada Sepeda Motor Honda Mega Pro. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Paryono S. T M. T. (II) Drs. Eddy Rudiyanto M.Pd. Kata Kunci pegas kopling daya transfer akselerasi Seluruh kendaraan dituntut bisa dioperasikan atau dijalankan pada berbagai kondisi jalan. Namun demikian mesin yang berfungsi sebagai penggerak utama pada suatu kendaraan tidak bisa melakukan dengan baik apa yang menjadi kebutuhan atau tuntutan kondisi jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan penggunaan pegas kopling terhadap daya transfer pada sepeda motor Honda Mega Pro (2) Untuk mengetahui perbedaan penggunaan pegas kopling terhadap akselerasi pada sepeda motor Honda Mega Pro. Pegas kopling berfungsi sebagai perekat dan pengembali kampas kopling ketika handel kopling ditarik atau dilepas. Pegas digunakan untuk memberikan tekanan terhadap plat tekan plat kopling dan roda penerus. Semakin besar tekanan pegas kopling maka daya yang disalurkan akan lebih baik. Selain itu tekanan pegas yang kuat akan menghasilkan akselerasi yang lebih cepat karena peningkatan kecepatan pada setiap tingkat transmisi lebih baik. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen. Dimana variabel bebasnya adalah pegas kopling yaitu kopling standar dengan jumlah 4 pegas dan kopling modif dengan jumlah 6 pegas. Sedangkan variabel terikatnya adalah daya transfer dan akselerasi motor. Pengambilan data pada variabel daya dilakukan pada 3000 rpm hingga 9000 rpm dengan kelipatan 500 rpm untuk pengambilan data pada variabel akselerasi dilakukan pada kecepatan 0-30 Km/Jam 0-50 Km/Jam dan 0-70 Km/Jam. Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan uji T pada program SPSS 21 for windows. Berdasarkan data pengujian daya terbesar dihasilkan pada penggunaan 6 pegas kopling dengan daya maksimal 14 02 HP dan daya minimum 3 414 HP. Untuk data pengujian akselerasi diperoleh hasil akselerasi terbesar pada penggunaan 6 pegas kopling dengan akselerasi 4 462 m/s2 pada kecepatan 0-30 Km/Jam 3 094 m/s2 pada kecepatan 0-50 Km/Jam dan 1 942 m/s2 pada kecepatan 0-70 Km/Jam. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan pegas kopling terhadap daya transfer pada sepeda motor Honda Mega Pro. (2) Ada perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan pegas kopling terhadap akselerasi pada sepeda motor Honda Mega Pro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43534

Actions (login required)

View Item View Item