Perancangan modul pembelajaran gambar teknik sebagai media penunjang pembelajaran siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Larasati Wulandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan modul pembelajaran gambar teknik sebagai media penunjang pembelajaran siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Larasati Wulandini

Wulandini, Larasati (2018) Perancangan modul pembelajaran gambar teknik sebagai media penunjang pembelajaran siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung / Larasati Wulandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandini Larasati. 2017.Perancangan Modul Pembelajaran Gambar Teknik Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smkn 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. Kata Kunci modul pembelajaran media pembelajaran gambar teknik SMK Terdapatbanyakmedia pembelajaran salahsatunyaadalahmodul pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting media dapat membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi dengan demikian anak didik lebih mudah memahami materi tanpa bantuan media pembelajaran. Adanyaharapaninilah yang diprediksiakandapat membantumempermudah pembelajaran antara gurudan siswa di dalam kelas. Berdasarkanhaltersebuttujuanpenelitianiniadalahuntuk(1) menghasilkanModulPembelajaranGambarTeknikMesin yang dapatmembantumenyediakansumberbelajaruntuksiswadalamkegiatanpembelajaransertadapatmencapaitujuankompetensi yang ingindicapai (2) mengetahuihasilbelajarsiswakelas yang menggunakanmodulpembelajarangambarteknikmesin di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Modul merupakan bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta pembelajaran. Sedangkan Mata pelajaran gambar teknik di SMK merupakan kategori produktif dimana sudah mulai diarahkan pada penguasaan dasar yang sesuai dengan yang ada di lapangan. Secara umum KBM gambar teknik terbagi menjadi teori dan praktik menggambar materi mata pelajaran ini meliputi prinsip-prinsip dasar dalam gambar teknik bangunan pada khususnya untuk kemudian bisa diterapkan pada praktik gambar teknik dikelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan atau Riserch and Development (R D). Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model prosedural model penelitian dan pengembangan ini digunakan untuk menghasilkan dan menguji produk pengembangan modul yang dihasilkan. Data uji coba ahli modul diperoleh dari satu orang ahli modul pembelajaran dan data uji coba materi juga diperoleh dari seorang ahli materimata kuliah gambar teknik. Sedangkan untuk data uji coba siswa pengembangmengambil subjek uji coba lapangan 35 siswa yang sedang menempuhmatapelajaran gambar teknik. Berdasarkan penelitian ini kesimpulandansaran dari hasilvalidasi ahli modul ahli materi dan angket siswa modul gambar teknik mesin dikategorikan sangat valid (dapat digunakan tanpa revisi). Serta presentase hasil belajar siswa menunjukkan rata- rata nilai sebesar 80 14% berdasarkankesimpulandiatasdisarankanuntuk guru dansiswamemahamipetunjukpenggunaanmodulterlebihdahulu. ABSTRACT Wulandini Larasati. 2017. Designing Learning Module for Technical Drawing as Supporting Learning Media for Tenth Grade Students at the Department of Automotive Engineering SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Sarjana s Thesis Mechanical Engineering Department Faculty of Engineering. State University of Malang. Advisors (I) Drs. H. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. Keywords learning module instructional media technical drawing SMK There are many learning media one of which is the learning module. Learning media have significant meaning media can help facilitate the teacher in delivering the material so that learners easier to understand the material without the aid of instructional media. The existence of these expectations is predicted to be able to help facilitate learning between teachers and students in the classroom. Based on the above objectives of this research is to (1) produce Learning Machine Drawing Module that can help provide learning resources for students in learning activities and can achieve the goals of competence to be achieved (2) to know the results of student learning using a module of learning drawings engineering engine at SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Modules are printed materials that are designed to be studied independently by the learning participants. While the subject of technical drawing in SMK is a productive category which has started to be directed to basic mastery in accordance with the existing in the field. In general KBM engineering drawings are divided into drawing theory and practice this subject matter covers the basic principles in building engineering drawings in particular to then be applied to the technical drawing practice of the class. The approach used in this research is qualitative and quantitative with the type of research and development or Riserch and Development (R D). The model used in this research is procedural model research and development model is used to generate and test the product development module generated. Experimental module test data were obtained from one expert learning module and trial material data also obtained from a material expert course drawing technique. As for the test data of students developers taking the subject of the field trials n 35 students who are taking technical drawing lesson . Based on this study conclusions and suggestions from the validation of module experts material experts and student questionnaires the engineering drawing module is categorized as very valid (can be used without revision). As well as the percentage of student learning outcomes shows an average score of 80.14% based on the above conclusions it is recommended for teachers and students to understand the module usage instructions first.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43531

Actions (login required)

View Item View Item