Pengaruh penerapan knalpot power valve system pada sepeda motor Supra GTR 150cc PGM-FI terhadap daya mesin / Ihsan Muhammad Irgam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan knalpot power valve system pada sepeda motor Supra GTR 150cc PGM-FI terhadap daya mesin / Ihsan Muhammad Irgam

Irgam, Ihsan Muhammad (2018) Pengaruh penerapan knalpot power valve system pada sepeda motor Supra GTR 150cc PGM-FI terhadap daya mesin / Ihsan Muhammad Irgam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irgam Ihsan Muhammad. 2017. Pengaruh Penerapan Knalpot Power Valve System pada Sepeda Motor Supra GTR 150cc PGM-Fi terhadap Daya Mesin. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci power valve system daya knalpot exhaust Power valve system adalah teknologi sepeda motor Yamah pada tahun 1987 yang mana system tersebut diletakkan pada knalpot berupa katup kupu-kupu prinsip kerja power valve system berdasarkan putaran mesin dimana saat putaran rendah katup terbuka sedikit hingga terbuka penuh pada putaran mesin 6000rpm fungsi power valve system itu sendiri sebagai menurunkan kebisingan dan koreksi daya pada putaran rendah hingga menengah serta meningkatkan efesiensi bahan bakar dan menurunkan kadar CO dan HC gas buang kendaraan. Pada siklus aktual motor bakar terjadi peristiwa dimana katup intake dan exhaust terbuka bersamaan hal ini dinamakan proses overlapping katup. Peristiwa tersebut dimanfaat untuk meningkatkan daya pada mesin menggunakan knalpot Power Valve System. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan daya yang dapat di peroleh dari penerapan knalpot power valve system pada sepeda motor Honda Supra 150cc PGM-Fi terhadap knalpot standar. Penelitian ini menggunakan jenis true experiment dan mesin di uji dalam keadaan tidak berpindah tempat dengan menggunakan dua variabel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah knalpot power valve system pegas tunggal (standar) knalpot power valve system pegas ganda dan knalpot standar sedangkan Variabel terikat penelitian ini adalah daya mesin. Penelitian dilakukan dengan alat Dynotest. Data yang diambil mulai dari rpm 2.500 hingga rpm 10.000 dengan kenaikan 500 rpm. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan metode one way anova. Berdasarkan analisis data pada penelitian tersebut penggantian knalpot memberikan pengaruh yang berbeda pada daya namun perbedaannya tidak signifikan daya pada knalpot power valve system pegas tunggal memiliki hasil yang relative stabil dalam meningkatkan daya. Dari data yang di dapat daya tertinggi pada knalpot power valve system pegas tunggal dengan hasil 16 67hp sedangkan pada knalpo standar memiliki daya 14 89hp untuk knalpot power valve system pegas ganda memiliki hasil yang relative sama dengan knalpot power valve system pegas tunggal namun terjadi penurunan daya pada putaran mesin 4000rpm sebesar 4 91hp sehingga daya maksimal menjadi 15 74hp. Dari hasil pengujian knalpot Power Valve System terdapat peningkatan daya sebesar 1% sehingga data tidak signifikan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan pengujian alat pada konsumsi bahan bakar torsi tingkat kebisingan dan emisi gas buang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43530

Actions (login required)

View Item View Item