Pengaruh Diameter Main Jet terhadap Emisi Gas Buang dengan Variasi RPM dalam Penggunaan Knalpot Standart dan Knalpot Racing pada Sepeda Motor Honda Karisma 125c - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Diameter Main Jet terhadap Emisi Gas Buang dengan Variasi RPM dalam Penggunaan Knalpot Standart dan Knalpot Racing pada Sepeda Motor Honda Karisma 125c

Prakoso, Indra Purusatama (2018) Pengaruh Diameter Main Jet terhadap Emisi Gas Buang dengan Variasi RPM dalam Penggunaan Knalpot Standart dan Knalpot Racing pada Sepeda Motor Honda Karisma 125c. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prakoso Indra Purusatama. 2017. Pengaruh Diameter Main Jet terhadap Emisi Gas Buang dengan Variasi RPM dalam Penggunaan Knalpot Standart dan Knalpot Racing pada Sepeda Motor Honda Karisma 125c. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci diameter lubang Main jet knalpot racing emisi gas buang. Berkembangnya industri di dunia otomotif sangatlah pesat dengan ditandai dengan adanya jumlah data peningkatan kendaraan bermotor dari tahun ketahun. Dengan berkembangnya industri dunia otomotif dalam memodifikasi kendaraan cukup menarik dan diminati. Salah satunya dengan mengganti ukuran Main Jet dan knalpot Racing dengan tujuan meghasilkan peforma mesin yang lebih responsif. Main Jet adalah saluran bahan bakar dalam karburator yang berfungsi menyalurkan bahan bakar baik pada kecepatan rendah atau saat kecepatan tinggi. Seperti yang telah diketahui banyak pengguna yang asal mengganti penggunaan Main Jet standart dengan ukuran Main Jet lainnya tanpa memikirkan dampak negatif yang ditimbulkan dari penggantian tersebut. Salah satu dampak yang ditimbulkan ialah Emisi Gas Buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggantian ukuran diameter lubang Main Jet dan penggunaan knalpot racing terhadap emisi gas buang yang dihasilkan.Penelitian ini menggunakan analisis hasil anova satu arah atau one-way anova untuk menganalisis data yang dibantu oleh SPSS 18 untuk windows. Pengujian dilakukan pada rpm 2500 sampai 7000 dengan kenaikan tiap 500 rpm. Untuk mendapatkan data yang signfikan dilakukan tiga kali pengujian tiap rpm pada tiap variasi main jet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggantian ukuran diameter lubang mainjet terhadap emisi gas buang sepeda motor Honda Karisma 125cc pada setelan udara standart. Untuk rata-rata kadar CO (%Vol) mesin dengan knalpot standart dan mainjet 0 80mm(4 450%) lebih tinggi dari mainjet 0 75mm (Standart) (2 936%) pada rpm 7000 untuk yang menggunakan knalpot racing mesin dengan menggunakan mainjet 0 80mm (6 866%) lebih tinggi dari mainjet 0 75 (standart) (4 456%) pada rpm 7000 untuk rata-rata kadar HC (ppm) mesin dengan knalpot standart dan mainjet 0 80 (1962 3 ppm) lebih tinggi dari mainjet standart 0 75mm (standart) (985 6 ppm) pada rpm 2500 untuk yang menggunakan knalpot racing dan mainjet 0 80mm (2087 6 ppm) lebih tinggi dari mainjet 0 75 (standart) (1270 3 ppm) pada rpm 2500 Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggantian ukuran diameter lubang main jet dengan ukuran 72 mm 75 mm (Standart) 78 mm dan 80 mm dengan menggunakan knalpot standart maupun knalpot racing terhadap emisi gas buang sepeda motor karisma 125cc pada setelan udara standart.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43528

Actions (login required)

View Item View Item