Pengaruh variasi elektrolit baterai terhadap energi listrik yang tersimpan pada baterai sepeda motor type basah / Lalu Wahyu Hidayat

Hidayat, Lalu Wahyu (2018) Pengaruh variasi elektrolit baterai terhadap energi listrik yang tersimpan pada baterai sepeda motor type basah / Lalu Wahyu Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat, Lalu Wahyu. 2017. Pengaruh Variasi Elektrolit Baterai terhadap Energi Listrik yang Tersimpan pada Baterai Sepeda Motor Type Basah. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Paryono, S.T., M.T., (II) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T. Kata Kunci: baterai, elektrolit baterai, tegangan, arus, energi Jumlah elektrolit yang berkurang akibat usia pemakaian dan overload tentunya membutuhkan penambahan atau penggantian elektrolit. Dipasaran terdapat banyak elektrolit yang dapat digunakan untuk penggantian elektrolit baterai. Macam dan jenis elektrolit baterai yang beranega ragam tersebut tentunya memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kemampuan baterai untuk menyimpan energi listrik pada baterai. Maka dari itu perlu ada upaya dalam perawatan dan pergantian elektrolit baterai untuk menjaga energi baterai. Penurunan energi pada baterai salah satunya disebabkan oleh berkurangnya berat jenis elektrolit baterai. Dimana berkurangnya berat jenis elektrolit akan mempengaruhi kinerja baterai sehingga menyebabkan pengaliran arus listrik menjadi berkurang. Salah satu cara yang dapat mengatasi berkurangnya berat jenis baterai adalah pergantian elektrolit. Di pasaran terdapat banyak elektrolit yang dapat digunakan untuk penggantian elektrolit baterai. Macam-macam jenis elektrolit baterai yang beraneka ragam tersebut tentunya memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kemampuan baterai untuk menyimpan energi listrik. Banyaknya macam elektrolit yang beredar dipasaran tidak serta-merta memberikan dampak positif terhadap performa dan usia pakai baterai. Pemilihan elektrolit yang salah dapat memberikan dampak negatif terhadap usia pakai baterai, hal itu dikarenakan berat jenis elektrolit yang tidak sesuai dengan standar berat jenis elektrolit baterai yang digunakan pada kendaraan bermotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh elektrolit baterai yang tepat untuk menghasilkan energi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan serta mendapatkan nilai ekonomis paling tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pengecekan tegangan dan arus baterai dengan menggunakan amperemeter dan voltmeter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elektrolit yang menghasilkan energi paling besar adalah elektrolit buatan pabrik GS Astra. Dalam penelitian ini, konsentrasi elektrolit standar pabrik dengan berat jenis 1,260 kg/cm3 mampu menghasilkan energi sebesar 67,9286 Wh. Elektrolit yang menghasilkan waktu terlama saat pembebanan adalah elektrolit standar pabrik. Dalam penelitian diperoleh waktu terlama adalah 80 menit yang dihasilkan oleh elektrolit standar pabrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43525

Actions (login required)

View Item View Item