Pengaruh penerapan jobsheet terhadap prestasi belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor peserta didik kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Malang / Farid Bagus Romansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan jobsheet terhadap prestasi belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor peserta didik kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Malang / Farid Bagus Romansyah

Romansyah, Farid Bagus (2018) Pengaruh penerapan jobsheet terhadap prestasi belajar mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor peserta didik kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Malang / Farid Bagus Romansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romansyah Farid Bagus. 2017. Pengaruh Penerapan Jobsheet terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Peserta Didik Kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Partono M.Pd. (II) Drs. Eddy Rudiyanto M.Pd. Kata kunci jobsheet prestasi belajar sepeda motor SMK Penggunaan media berpengaruh dalam prestasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini diharapkan penggunaan media berupa jobsheet dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prestasi belajar Praktik Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor peserta didik yang menggunakan jobsheet dan yang tidak menggunakan jobsheet di SMK Negeri 10 Malang 2) mengetahui perbedaan pengaruh antara penggunaan jobsheet dan tanpa penggunaan jobsheet Praktik Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Design. Subjek penelitian meliputi seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Malang yang berjumlah dua kelas yaitu MA dan MB. Kelas MA berjumlah 36 siswa dan MB berjulah 36 siswa. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes. Dalam analisis data langkah yang harus dilakukan adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden mentabulasikan data tiap variabel yang diteliti dan melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah. Dari tes kemampuan akhir (post-test) mata diklat Melakukan Pekerjaan Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor pengolahan data secara SPSS diketahui bahwa untuk siswa kelas kontrol skor rata-rata (mean) yang dicapai adalah 62 44 skor tengah (median) sebesar 59 modus sebesar 61 96 dan simpangan baku sebesar 5 79. Sedangkan untuk siswa kelas eksperimen skor rata-rata (mean) yang diraih adalah sebesar 71 72 skor tengah (median) sebesar 70 modus sebesar 70 43 dan simpangan baku sebesar 5 53. Melihat hasil perhitungan yang dilakukan mean median dan modus siswa yang mendapat perlakuan menggunakan media pembelajaran berupa jobsheet lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan menggunakan media berupa jobsheet. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean median dan modus prestasi belajar Praktik Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor peserta didik yang menggunakan job sheet dan yang tidak menggunakan job sheet. Karena p 0 05 maka H0 ditolak atau kedua populasi tidak sama. Sedangkan berdasarkan tabel nilai t untuk df n - 2 72 2 70 adalah 1 994 thitung ttabel maka H0 ditolak. Sehingga terbukti bahwa penggunaan jobsheet mempengaruhi hasil belajar ranah psikomotor dan membuat perbedaan antara kelas yang menggunakan jobsheet (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan jobsheet (kelas kontrol)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43524

Actions (login required)

View Item View Item