Analisis penyerapan tenaga kerja bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa pada Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Syaifulloh Irsyandi

Irsyandi, Syaifulloh (2018) Analisis penyerapan tenaga kerja bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa pada Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang / Syaifulloh Irsyandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Irsyandi, Syaifulloh. 2017. Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayas pada Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Yoto, S.T., M.Pd., M.M., (2) Drs. Partono, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Penyerapan Tenaga Kerja, Bursa Kerja Khusus (BKK). Perbandingan kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK tahun 2016 untuk Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SDM yang dibutuhkan 638.652 jiwa. Berdasarkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) oleh Badan Pusat Statistik, pada kurun waktu 5 tahun pertama, dari tahun 2000 sampai dengan 2005 , tingkat kebekerjaan lulusan SMK lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan SMA. Namun pada kurun waktu 5 tahun berikutnya, dari tahun 2010 sampai dengan 2015 tingkat kebekerjaan lulusan tingkat kebekerjaan lulusan SMA justru lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan SMK (Kompas, 2016). Salah satu SMK yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten yaitu SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. SMK Negeri 1 Singosari merupakan salah satu SMK di Kabupaten Malang dengan Spektrum Keahliannya termasuk dalam kelompok Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa. Maka mengetahui salah keberhasilan lulusan SMK Negeri 1 Singosari salah satunya adalah dengan menelusuri keterserapan lulusannya di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui keterserapan lulusan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang ditinjau dari Paket Keahliannya; (2) mengetahui keterserapan lulusan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang di ditinjau dari bidang pekerjaannya; (3) mengetahui relevasi keterserapan lulusan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang antara Paket Keahlian dengan bidang pekerjaan. Jenis penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subjek peneliti dalam penelitian iniadalah lulusan SMK Negeri 1 Singpsari pada Paket Keahlian Teknik Alat Berat (TAB), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Perawatan Mesin Industri (TPMI) dan Teknik Pemesinan (TPM) pada lulusan 2014-2016 yang berjumlah 856. Adapun bentuk instrumen yang digunakan yaitu; (1) dokumentasi sebagai alat untuk memudahkan peneliti dalam memperoleh data yang telah tersedia dalam bentuk arsip/dokumen; (2) wawancara sebagai alat untuk memperkuat data hasil penelitian; (3) observasi sebagai alat untuk mempertajam dan menguatkan data hasil dari teknik dokumentasi dan wanwancara. Hasil penelitian ini didapatkan; (1) rata-rata keterserapan lulusan SMK Negeri 1 Singosari ditinjau dari Paket Keahliannya dengan lulusannyaii adalah 856 lulusan, yang terserap adalah 86% dan yang tidak terserap adalah 14%. dengan waktu tunggu keterserapan rata-rata dibawah 1 (satu) tahun; (2) ditinjau dari bidang pekerjaannya, rata rata keterserapan lulusan SMK Negeri 1 Singosari keterserapan di industri/perusahaan sebidang adalah 41,1%. wirausaha sebidang 0,1%, industri/perusahaan bidang lain 16,2%, wirausaha bidang lain 0,1%, melanjutakan perguruan tinggi 21,9%, PNS 0,1%, TNI/POLRI 0,7% dan lain-lain (belum/mencari pekerjaan/tidak diketahui keberadaannya); dan (3) untuk relevansi keterserapan lulusan antara paket keahlian dengan bidang pekerjaan bisa diketahui bahwa 64% relevan dan 36% tidak relevan antara Paket Keahlian dengan bidang pekerjaan dari total lulusannya. Saran dari penelitian penulis sampaikan dengan harapan agar memiliki manfaat yang berkelanjutan dan berarti bagi banyak pihak. Kepada Lulusan diharapkan (1) lebih mampu meningkatkan keterampilan, minat, dan memiliki keyakinan, serta motivasi untuk memiliki pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi; misalnya dengan mengikuti magang kerja, atau memperbanyak sharing/konsultasi, baik dengan teman, alumni, maupun guru; (2) lulusan diharapkan memanfaatkan setiap usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk membantu lulusan agar mampu tersalur ke dunia kerja dengan baik. Kepada Guru; (1) dapat memberikan motivasi kepada calon lulusan agar mereka mau mengeksplor diri dan memaksimalkan keterampilan yang mereka miliki dalam pembekalan secara berkala; (2) mampu untuk menyebarluaskan informasi lowongan kerja secara menyeluruh kepada calon lulusan dan/atau lulusan. Kepada Pengurus BKK; (1) dapat lebih meningkatkan usaha penelusuran lulusan dengan menggunakan media online (web sekolah) dan mengadakan pembaharuan data dalam periode tertentu; (2) dapat melakukan pengecekan atau konfirmasi kepada pengguna lulusan (DU/DI), mengenai kondisi dan kinerja lulusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43523

Actions (login required)

View Item View Item