Pengaruh penggunaan bahan bakar motor diesel dari hasil penyulingan limbah plastik di TPA terhadap daya dan emisi pada motor diesel / Muhammad Shirojul Munir

Munir, Muhammad Shirojul (2018) Pengaruh penggunaan bahan bakar motor diesel dari hasil penyulingan limbah plastik di TPA terhadap daya dan emisi pada motor diesel / Muhammad Shirojul Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munir Muhammad Shirojul. 2017. Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Motor Diesel dari Hasil Penyulingan Limbah Plastik di TPA terhadap Daya dan Emisi pada Motor Diesel. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. (II) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata Kunci motor diesel biosolar bahan bakar alternatif bahan bakar dari penyulingan limbah plastik. Biosolar atau biodiesel umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk pembakaran pada mesin diesel untuk kendaraan/transportasi maupun mesin-mesin industri. Biosolar memiliki rumus molekul Cn-1H2(n-r)-1CO-OCH3 dengan nilai n yang umum adalah genap antara 8-24 dan nilai r yang umum adalah 0-3. PERTAMINA biodiesel merupakan campuran 95% solar produksi kilang balongan (petroleum) dan 5% CPO. Sedangkan bahan bakar diesel dari penyulingan plastik terbuat dari plastik jenis plastik daun tembus pandang antara lain jenis PE PET HDPE dan LDPE yang mana plastik tersebut banyak mengandung hidrokarbon CH2. CH2 merupakan unsur pembentuk minyak bumi yaitu CnH2n 2. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimental yang dilakukan di laboratorium. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan Paired Sample Test karena penelitian membandingkan perbedaan dari dua sampel yang berbeda pada satu objek dalam hal ini mesin diesel. Hasil penelitian specimen daya dengan menggunakan biosolar didapatkan rata-rata daya sebesar 22.718 HP sedangkan daya yang dihasilkan bahan bakar diesel dari penyulingan limbah plastik didapatkan rata-rata daya sebesar 22.786 HP. Hal tersebut menyatakan bahwa biosolar dan bahan bakar diesel dari penyulingan limbah plastik memiliki korelasi/kesamaan sebesar 99.8%. Kemudian untuk pengujian opasitas biosolar memiliki rata-rata opasitas (HSU) sebesar 30.98% yang mana tingkat opasitasnya lebih tinggi 12.62% dibandingkan dengan bahan bakar diesel dari penyulingan limbah plastik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43521

Actions (login required)

View Item View Item