Analisis butir soal UAS pada kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kediri / Samsul Eko Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir soal UAS pada kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kediri / Samsul Eko Prasetyo

Prasetyo, Samsul Eko (2018) Analisis butir soal UAS pada kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kediri / Samsul Eko Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya Samsul Eko. 2017. Analisis Butir Soal UAS pada Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Kediri. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.Pd. M.M. Kata Kunci analisis butir soal ITEMAN 4.3 teknik kendaraan ringan Kegiatan evaluasi merupakan suatu kegiatan yang penting di mana guru dapat mengetahui sejauh mana penguasaan oleh siswa menemukan kesulitan apa yang dialami oleh siswa dan menemukan treatment yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut. Evaluasi yang baik sebaiknya memperhatikan kualitas tes yang diberikan kualitas tes dapat diketahui melalui proses analisis butir soal. Semakin baik tes yang diberikan maka akan semakin baik pula hasil yang akan diperoleh. Pada SMKN 1 Kediri belum melaksanakan kegiatan analisis butir soal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UAS kelas X semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 pada SMKN 1 Kediri yang dilihat dari segi (1) validitas (2) reliabilitas (3) daya pembeda (4) tingkat kesukaran (5) kualitas pengecoh dan (6) kualitas soal secara keseluruhan. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan sejumlah 64 siswa dari total empat kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan program ITEMAN 4.3 untuk analisis kualitatif menggunakan kartu telaah butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas rata-rata sebesar 49.70% termasuk jelek (2) reliabilitas keseluruhan sebesar 0.575 dengan kategori cukup (3) daya pembeda secara keseluruhan memiliki kualitas yang jelek (4) tingkat kesukaran pada soal UAS secara keseluruhan termasuk kategori sedang (5) kualitas pengecoh secara keseluruhan termasuk kategori sedang dan (6) secara keseluruhan menunjukkan bahwa soal UAS memiliki presentase sebesar 26.71% (74 butir) 43.71% (128 butir) dengan kategori cukup dan 19.76% (75 butir) dengan kategori jelek. Kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) rendahnya validitas yang didapat berkaitan dengan jawaban siswa saat itu kemungkinan siswa tidak siap dengan ujian yang dilakukan saat itu (2) reliabilitas yang rendah disebabkan karena kurangnya butir soal yang valid pada soal untuk meningkatkan reliabilitas dengan cara menambah butir soal yang valid (3) daya beda yang jelek dikarenakan soal tidak mampu membedakan siswa golongan atas dengan siswa golongan bawah (4) menurut tingkat kesukaran soal yang diujikan kurang variatif (5) pilihan pengecoh yang tidak berfungsi kemungkinan terlalu melenceng dari materi. Saran yang dapat dilakukan terhadap hasil penelitian yaitu (1) untuk meningkatkan nilai validitas alangkah baiknya siswa dipersiapkan secara matang untuk mengikuti ujian yang akan diadakan karena validitas pada soal berpengaruh dari jawaban siswa (2) soal dengan reliabilitas yang jelek dapat ditingkatkan dengan cara menambah jumlah butir soal yang valid (3) untuk daya pembeda yang jelek dapat diperiksa susunan opsi dan butir jawaban (4) tingkat kesukaran soal yang diujikan perlu lebih variatif soal yang baik seharusnya memiliki proporsi 3 4 3 atau 3 5 2 dengan urutan mudah sedang sulit (5) soal dengan pengecoh yang tidak berfungsi perlu dicek lagi dan diganti dengan pilihan jawaban yang lebih rasional. Untuk soal dengan kategori baik dapat langsung disimpan dalam bank soal.ABSTRACT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43520

Actions (login required)

View Item View Item