Pengaruh kualitas guru dalam proses mengajar terhadap hasil pembelajaran pada kompetensi keahlian TKRO di SMKN 1 Singosari / Fariz Imam Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas guru dalam proses mengajar terhadap hasil pembelajaran pada kompetensi keahlian TKRO di SMKN 1 Singosari / Fariz Imam Wahyudi

Wahyudi, Fariz Imam (2018) Pengaruh kualitas guru dalam proses mengajar terhadap hasil pembelajaran pada kompetensi keahlian TKRO di SMKN 1 Singosari / Fariz Imam Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wahyudi Fariz Imam. 2017. Pengaruh Kualitas Guru dalam Proses Mengajar terhadap Hasil Pembelajaran pada Kompetensi Keahlian TKRO di SMKN 1 Singosari. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Dr. H. Agus Sholah M.Pd. Kata kunci pengaruh kualitas guru proses mengajar hasil pembelajaran Kemajuan era-globalisasi saat ini menimbulkan persaingan pada lapangan kerja terutama dalam perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga persaingan akan lebih ketat karena semakin banyaknya lulusan SMK yang akan memenuhi lapangan pekerjaan di industri. Maka dengan adanya hal itu peneliti akan melakukan observasi ke SMKN 1 Singosari untuk membuktikan tentang pengaruh kualitas guru dalam proses mengajar terhadap hasil pembelajaran. Desain penelitian ini termasuk dalam desain eksperimen berupa hasil pembelajaran. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas guru dalam proses mengajar sedangkan variabel terikatnya berupa hasil pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO 1 dengan teknik pengumpulan data berupa angket dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji tes. Dapat diketahui bahwa pengaruh kualitas guru dalam proses mengajar mempengaruhi hasil pembelajaran. Karena ditunjang oleh empat hal antara lain kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan profesional. Dan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata semua guru yaitu 86 77% telah memenuhi kriteria standar kompetensi guru sehingga dapat dikatakan bahwa ketiga guru tersebut sangat berkualitas. Hasil pembelajaran dapat disajikan melalui evaluasi pembelajaran dengan melaksanakan uji tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 1 Singosari. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepala sekolah untuk ikut serta menjadi pengawal kebijakan di sekolah untuk memfasilitasi guru pengajar sebagai ujung tombak perkembangan dan kemajuan pembelajaran. Sedangkan bagi guru peneliti memberikan saran bahwa tiap guru harus memiliki jiwa pendekatan kemampuan dalam rangka pembentukan emosional terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43519

Actions (login required)

View Item View Item