Pengaruh wawasan technopreneurship dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang / Misbahul Husnan

Husnan, Misbahul (2018) Pengaruh wawasan technopreneurship dan efikasi diri (self-efficacy) terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang / Misbahul Husnan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Husnan, Misbahul. 2017. Pengaruh Wawasan Technopreneurship dan Efikasi Diri (Self-Efficacy) terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakutas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suharmanto, M.Pd., (II) Dr. H. Yoto., S.T., M.Pd., M.M. Kata Kunci: wawasan technopreneurship, efikasi diri, kesiapan berwirausaha Technopreneurship adalah kewirausahaan yang berbasis teknologi, yang memiliki wawasan untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda. Sedangkan efikasi diri keyakinan seseorang mengenai kemampuannya dalam mengatasi beraneka ragam situasi yang muncul dalam hidupnya , Oleh karena itu wawasan technopreneurship ini perlu diperkenalkan pada siswa sejak masuk SMK dan juga bimbingan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa tersebut, mengingat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Pengaruh wawasan technopreneurship terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang, (2) Pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang, dan (3) Pengaruh wawasan technopreneurship dan efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian expost facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan populasi sebanyak 170 siswa dan sampel 86 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu wawasan technopreneurship (X1), efikasi diri (X2), Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kesiapan berwirausaha (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner model angket tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan wawasan technopreneurship terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang dengan nilai koefisien regresi 0,673 dan kontribusi yang diberikan sebesar 27%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang dengan nilai koefisien regresi 0,852 dan kontribusi yang diberikan sebesar 47,8%, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan wawasan technopreneurship dan efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang. dengan nilai koefisien regresi 0,707 dan kontribusi yang diberikan sebesar 52,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43516

Actions (login required)

View Item View Item