Pengembangan modul teknik listrik dasar otomotif dengan pendekatan problem based learning untuk kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Negeri I Watulimo Kabupaten Trenggalek / Firda Radyan Hardianta

Hardianta, Firda Radyan (2018) Pengembangan modul teknik listrik dasar otomotif dengan pendekatan problem based learning untuk kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Negeri I Watulimo Kabupaten Trenggalek / Firda Radyan Hardianta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hardianta, Firda Radyan. 2017. Pengembangan Modul Teknik Listrik Dasar Otomotif dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Kelas X Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mardji, M.Kes., (II) Drs. Partono, M.Pd. Kata Kunci : pengembangan modul, problem based learning, teknik listrik dasar otomotif Pengembangan ini didasari oleh kurangnya bahan ajar mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Kenyataan di lapangan menunjukkan siswa belum bisa memahami materi sepenuhnya hanya dengan pembelajaran model ceramah dan kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran. Pembelajaran teknik listrik dasar otomotif menggunakan modul dengan pendekatan problem based leearning diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam proses belajar serta menumbuhkan kemandirian siswa. Metode pengembangan modul yang digunakan mengacu pada Pustekom Depdiknas 2007 melalui empat langkah pengembangan yaitu, tahap perencanaan, tahap penulisan, tahap review, uji coba dan revisi, dan tahap finalisasi dan percetakan. Aspek yang dinilai oleh ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kesesuaian dengan pendekatan problem based learning. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi, modul masuk katagori baik dengan nilai rata-rata uji aspek 3,74. Aspek yang dinilai ahli media meliputi aspek kelayakan kegrafisan, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa. Berdasarkan hasil penilaian ahli media modul masuk kategori sangat baik deng nilai rata-rata aspek 4,87. Kepraktisan modul berdasar penilaian guru termasuk kategori baik dengan nilai rata-rata 4,00. Keefektifan penggunaan modul berdasar uji coba kepada siswa menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata nilai kelas setelah penggunaan modul 81,47 lebih tinggi dari sebelum penggunan modul dengan nilai rata-rata kelas 63,33 melalui uji t SPSS. Saran bagi guru mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif disarankan untuk memanfaatkan modul berbasis Problem Based Learning ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43513

Actions (login required)

View Item View Item