Sistem parkir kendaraan berbasis mikrokontroler dengan peringatan getar pada roda kemudi dan display jarak menggunakan sinyal ultrasonik sebagai pengaman mundur / Arif Choirul Amal

Amal, Arif Choirul (2018) Sistem parkir kendaraan berbasis mikrokontroler dengan peringatan getar pada roda kemudi dan display jarak menggunakan sinyal ultrasonik sebagai pengaman mundur / Arif Choirul Amal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arif Choirul Amal 2017. Sistem Parkir Kendaraan Berbasis Mikrokontroler dengan Peringatan Getar pada Roda Kemudi dan Display Jarak menggunakan Sinyal Ultrasonik sebagai Pengaman Mundur. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Drs. Paryono S.T. M.T Kata kunci mikrokontroller Arduino Uno sensor ultrasonik LCD motor DC Parkir merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan kita utamanya sebagai pemilik kendaraan pada kenyataannya parkir di jalan maupun di tempat parkir pun semakin susah dan rapat karena banyaknya masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi maka dari itu diperlukan keamanan untuk memarkirkan kendaraan agar nantinya tetap dalam kondisi yang baik untuk itu perlu dipasang sebuah alat sensor parkir untuk mengetahui bagaimana jarak aman untuk memarkir dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara kerja alat yang dibuat dapat bekerja sesuai fungsinya serta bagaimana keakuratan jarak yang dapat terbaca oleh alat. Penelitian ini merupakan pengembangan penelitian yang terdahulu adapun penelitian terdahulu dilakukan oleh mahasiswa D3 teknik mesin Universitas Negeri Malang. Alat yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Mikrokontroller Arduino Uno Sensor Ultrasonik LCD motor DC . Semua alat tersebut dirancang sesuai dengan program yang dibuat untuk menghasilkan sistem parkir berbasis mikrokontroler yang diinginkan. Pengambilan data dilakukan dengan membandingkan jarak yang terbaca pada sensor ultrasonik dengan jarak sebenarnya ( pengukuran dengan alat ukur meteran ). Serta ketepatan motor dc saat bekerja sesuai dengan program yang dibuat. Teknik analisis yang dipakai untuk penelitian ini menggunakan Uji T. Hasil analisis menguji perbedaan signifikan terhadap perbandingan hasil jarak pengukuran sensor dengan jarak sesungguhnya diambil keputusan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap perbandingan hasil jarak pengukuran sensor dengan jarak sesungguhnya (dengan persentase kesalahan antara -0.025% hingga 2.5%)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43512

Actions (login required)

View Item View Item