Pengaruh penggunaan metode pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR pada mata pelajaran chasis dan sistem pemindah tenaga SMK PGRI Singosari / I Komang Satya Agus Vidiyasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR pada mata pelajaran chasis dan sistem pemindah tenaga SMK PGRI Singosari / I Komang Satya Agus Vidiyasa

Vidiyasa, I Komang Satya Agus (2017) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR pada mata pelajaran chasis dan sistem pemindah tenaga SMK PGRI Singosari / I Komang Satya Agus Vidiyasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vidiyasa I Komang Satya Agus. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR pada Mata Pelajaran Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga SMK PGRI Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs Partono M.Pd. (II) Dr. Agus Sholah M.Pd. Kata Kunci Inside Outside Circle hasil belajar Chasis Sistem Pemindah Tenaga Berdasarkan hasil observasi di SMK PGRI Singosari diketahui terdapat beberapa permasalahan salah satunya adalah proses pembelajaran. Bahwa dalam proses pembelajaran masih terdapat nilai hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut seorang guru diharapkan mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang merangsang siswa untuk turut aktif dalam proses pembelajaran. salah satu metode pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif adalah Inside Outside Circle. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Inside Outside Circle (2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Ceramah dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Inside Outside Circle dan metode Ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain (the non equivalen pretest-postest design) dengan dua kelompok subyek penelitian yang memiliki kemampuan sama (homogen) diajar oleh guru dan metode yang sama. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Singosari. Sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TKR 1 yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Inside Outside Circle dan XI TKR 2 yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Ceramah. Penilaian kemampuan akhir siswa menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda yang telah divalidasi validator dan Analisis butir sudah dianalisis oleh guru mata pelajaran. Analisa data yang digunakan adalah Independent sampel t-test. Sebelum dilakukan uji beda dengan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen sebesar 80 50. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 75 53. Hasil uji t menunjukkan bahwa (Sig) 0 05 (0 026 0 05). Hasil tersebut menunjukkan p 0 05 yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar melalui metode pembelajaran Inside Outside Circle dan melalui metode pembelajaran Ceramah pada mata pelajaran Chasis dan Pemindah Tenaga kelas XI SMK PGRI Singosari. Dari deskripsi umum hasil penelitian pengujian hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Inside Outside Circle dan siswa yang diajar menggunakan metode Pembelajaran Ceramah pada siswa kelas XI SMK PGRI Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43504

Actions (login required)

View Item View Item