Sandy, Trio Ari (2017) Hubungan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pidato di SMK Negeri 2 Pamekasan / Trio Ari Sandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sandy Trio Ari. 2017. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PDTO di SMK Negeri 2 Pamekasan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M. Pd. (II) Drs. H. Agus sholah M.Pd. Kata Kunci kemampuan mengajar guru motivasi belajar prestasi belajar Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa akan datang. Seorang guru mempunyai peranan penting dalam kegiatan pembelajaran begitu pentingnya peran guru dalam memberi atau mentransformasikan input-input pendidikan kepada peserta didik sehingga banyak pakar menyatakan bahwa di sekolah tidak akan ada perubahan atau peningkatan kualitas tanpa adanya perubahan dan peningkatan kualitas guru. Kemampuan guru akan teraktualisasi dalam penguasaan pengetahuan ketrampilan maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi sebagai seorang guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil masalah pokok Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PDTO di SMK Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Data dari penelitian ini diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa untuk variabel persepsi tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar sedangkan data prestasi belajar siswa pada mata diklat pengetahuan dasar teknik otomotif diperoleh dengan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan uji validitas dan reabilitas pada instrument penelitian. Analisis data dalam penelitian ini di bagi menjadi dua yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasional atau uji hipotesis. Hasil analisis korelasional atau uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara persepsi tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran pengetahuan dasar teknik otomotif. Koefisien korelasi kemampuan mengajar guru 622 dan koefisien korelasi motivasi belajar 254. Dan di ketahui bahwa besarnya hubungan antara persepsi tentang kemampuan mengajar guru dan motivasi (secara simultan) dengan prestasi belajar siswa dihitung dengan koefisien korelasi adalah 758. Saran yang dapat diberikan untuk SMK Negeri 2 Pamekasan berdasarkan penelitian ini adalah diharapkan pihak sekolah lebih berperan aktif dalam peningkatan kemampuan mengajar guru. Bagi guru diharapkan dapat lembih lagi meningkatkan motivasi siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Bagi siswa diharapkan mempunyai hubungan yang baik dengan guru supaya tercipta motivasi belajar sehingga dapat meningkat prestasi belajar disamping itu juga siswa diharapkan bisa menerapkan atau menggunakan ilmu yang didapat dengan baik sebagaimana mestinya. Selanjutnya untuk peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini agar lebih bermanfaat kedepannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |